Google+

Kesulitan Buat Nabung? Lakukan Langkah Ini

Sebagian orang masih oga-ogahan buat menabung. Alasannya karena kebiasaan hidup boros yang gak bisa di rem. Padahal menabung itu sangat penting. Jadilah penabung yang cerdas, jika masih kesulitan buat nabung, lakukan langkah berikut:

1. Nabung itu penting

Pertama yakinkan diri bahwa menabung itu penting. Memiliki simpanan uang sangat membantu melancarkan berbagai urusan kita nantinya. Bukan mustahil mimpi kamu bisa terwujud karena menabung dengan disiplin.

2. Mulailah dari yang kecil

Mulai biasakan diri menyisihkan uang dari penghasilan, jangan langsung dihabiskan. Hindari kebiasaan boros demi kepuasan sesaat.

3. Menyisihkan uang sebelum membelanjakan

Seringkali yang menyebabkan orang tidak dapat menabung adalah gaya hidup yang besar. Idealnya jika Anda ingin mengeluarkanuang untuk berbelanja, buat tabungan yang memiliki periode penarikan tunai sesuai kebutuhan. Atau biarkan tabungan Anda tanpa dilengkapi kartu debit. Dengan cara itu, Anda dapat mengatur keluar-masuk keuangan sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Menyingkirkan Utang

Utang bukan berarti buruk. Berhutang memang membuat kita kelihatan bisa membeli sesuatu yang lebih besar, beli rumah misalnya. Namun setiap bulannya kita mesti mengeluarkan pengeluaran ekstra buat cicil tagihan. Maka itu sebisa mungkin hindari utang yang tidak perlu.

Bagi kamu yang kesulitan menabung, sebaiknya mulailah biasakan atau bila perlu paksakan diri buat menabung. Karena tanpa menabung, penghasil besar pun pada akhirnya akan habis karena tidak dikelolah dengan baik. (Finance.detik.com) pic: manfaat.co.id

Tentang Penulis

Author Image

Rianda Prayoga
Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah. @riandaprayoga
Seorang Wiraswasta

Komentar

Baca juga yang lainnya