Google+

Heboh! Niatnya Curhat, Komika Ini Malah Jadi Tersangka. Kasus Apaan?

Setiap tindakan warga negara Indonesia sudah terikat hukum yang diatur oleh perundang-undangan. Banyak pro dan kontra yang muncul dari penerapan beberapa aturan terhadap aktivitas keseharian setiap warga negara. Seperti kejadian yang menimpa artis stand up comedy (komika), Muhadkly atau lebih dikenal dengan nama Acho, ia terpaksa berurusan dengan polisi. Kejadian ini bermula dari Acho yang menyampaikan keluhan lewat tulisan di blog miliknya.

Pada Maret 2015, Acho menuliskan keluh-kesahnya mengenai fasilitas apartementempatnya tinggal, namun keluhan Acho tak ditanggapi oleh pihak pengembang. Pada November 2015, Acho dilaporkan oleh pihak pengelola apartemen, Acho dituduh melakukan pencemaran nama baik. Kemudian pada April 2017, Acho dipanggil sebagai saksi.

Selang dua bulan kemudian, komika asal Jakarta ini resmi menyandang status sebagai tersangka. Sebab berkas kasus sudah dinyatakan lengkap oleh pihak kepolisian. Acho sempat mengajukan mediasi, namun ajuannya ditolak. Hingga pada 7 Agustus 2017, pria berusia 34 tahun ini menjalani sidang perdana di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Acho terancam hukuman pidana empat tahun, Acho pun akhirnya tidak ditahan karena ancaman pidananya kurang dari lima tahun.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai tindakan Acho tidak melanggar aturan, melainkan hanya aksi seorang konsumen yang memperjuangkan hak-haknya yang dilanggar oleh pemilik usaha/pihak pengembang. Sebaliknya, menurut YLKI Acho harus dilindungi dan tidak dipidanakan.

Tentang Penulis

Author Image

Arya Danu
Ya
Seorang Sampah

Komentar

Baca juga yang lainnya