Google+

Jangan Remehkan! Tidur Siang Sangat Bermanfaat Walau Cuma Sebentar

Kebiasaan tidur siang kini sering diabaikan oleh sebagian orang. Alasannya karena segudang aktivitas yang sangat menyita waktu. Bahkan meluangkan waktu 20 menit untuk tidur siang rasanya susah sekali, terlebih lagi bagi kamu yang super sibuk.

Padahal tidur siang walau hanya sebentar sudah berdampak signifikan bagi kesehatan tubuh. Tapi sayang banyak yang mengabaikan manfaat tidur siang. Apa saja manfaat dari tidur siang? Yuk simak berikut ini:

1. Meningkatkan daya ingat

Dengan rutin tidur siang ternyata mampu meningkatkan kemampuan otak kita buat mengingat. Sangat baik bagi Lansia, supaya gak gampang pikun.

Buat anak-anak juga sangat baik jika suka tidur siang. Membantu dalam proses belajar. Lebih gampang menghafal pelajaran di sekolah.

2. Meningkatkan kewaspadaan

Tentu kita sering merasa kantuk yang begitu berat setelah selesai makan siang. Disaat itulah waktu yang baik buat tidur siang. Karena dilanjut untuk langsung lanjut bekerja juga hasilnya kurang maksimal.

Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.

3. Meningkatkan Mood

Neurotransmitter serotonin mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tapi ketika tubuh kita stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Menurut Mednick, “tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif.”

4. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C., tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak anda.

5. Mengobati insomnia

Tidur siang bisa menjadi pengganti obat Insomnia. Buat kamu yang susah tidur malam, ada baiknya kamu manfaati waktu siang untuk istirahat walau cuma tidur sebentar.

Karena akibat insomnia ini jika diabaikan bisa menggangu kesehatan dan produktivitas. Gak perlu pakai obat penenang seperti artis Tora Sudiro, karena dengan tidur siang bisa mengatasi Insomnia.

6. Mengurangi Stress

Stress dikenal sebagai sumber berbagai penyakit. Karena banyaknya aktivitas membuat otak tegang, pikiran menjadi fokus. Maka itu ada baiknya sepadat apapun aktivitas, sebisa mungkin luangkan waktu buat Istirahat siang. Tenangkan pikiran, karena berbagai penyakit berasal dari pikiran.

7. Meningkatkan produktivitas

Kita kalau sudah lelah dan dipasa kerja terus pasti hasilnya gak maksimal. Solusinya ialah istirahat yang cukup agar produktivitas bisa meningkat kembali.

Nah begitu tadi berbagai manfaat tidur siang. Jangan remehkan kesehatan dengan mengabaikan waktu beristirahat. Luangkan aja waktu sebentar buat tidur siang. Semoga kamu sehat selalu. (Manfaat.co.id)

Tentang Penulis

Author Image

Rianda Prayoga
Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah. @riandaprayoga
Seorang Wiraswasta

Komentar

Baca juga yang lainnya