Penghentian Kerjasama Rumah Sakit dan BPJS Kesehatan

Bigel Official | Senin, 07 Jan 2019 - 12:11 PM

Rumah Sakit Umum Daerah Jati Padang, Jakarta jadi salah satu rumah sakit di Jakarta untuk sementara waktu tidak bisa lagi melayani pasien BPJS Kesehatan. 


Namun pemutusan kerja sama tersebut bukan terkait kondisi defisit BPJS Kesehatan. Penghentian kerja sama berdasarkan Surat Kementerian Kesehatan tertanggal 30 Desember 2018 tentang perpanjangan kerja sama rumah sakit dengan BPJS Kesehatan. 

 

Dailymotion
Baca juga

 

Selain RSUD Jati Padang ada 2 rumah sakit umum daerah lain di Jakarta yang juga dihentikan kerjasamanya yakni RSUD kebayoran Lama dan RSUD Cipayung. 

 

Dia menegaskan, BPJS Kesehatan melakukan seleksi dan kredensialing melibatkan Dinas Kesehatan kabupaten/kota setempat. Kriteria teknis yang menjadi pertimbangan antara lain sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan. 

"Fasilitas kesehatan swasta yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan wajib memperbaharui kontraknya setiap tahun. Namun pada dasarnya kontrak sifatnya sukarela. Hakekat dari kontrak adalah semangat mutual benefit," pungkas Iqbal.

 

Kerja sama dihentikan karena 3 rumah sakit ini tak memenuhi syarat dari sisi akreditasi rumah sakit. Layanan yang dihentikan adalah untuk rawat jalan. Sementara layanan UGD masih bisa dilakukan. 




Source : http://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/06/penghentian-kerjasama-rumah-sakit-dan-bpjs-kesehatan.

Tag: Bpjs, Bpjs Kesehatan