Resep Dorayaki Ala Mama Bunda

Resep Mama Bunda | Rabu, 09 Jan 2019 - 04:29 PM


Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang . Kue ini bentuknya bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. 
Di Indonesia, kue ini mulai diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri anime Doraemon di televisi. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki. Dorayaki di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera lokal, antara lain dorayaki berisi cokelat atau keju. 
Nah, sebenarnya kamu bisa lho membuat sendiri kue Dorayaki di rumah. Berikut ini resep mama bunda tunjukin resepnya.


Bahan Bahan


4 telur besar
140g gula pasir
2 sdm madu
160g tepung serbaguna
1 sdt baking powder
1 sdm air
1 sdt minyak (sayuran, kanola, dll)
520g pasta kacang merah

Baca juga

 

Cara membuat:


1. Dalam mangkuk besar, masukkan telur, gula pasir, dan madu lalu kocok dengan mixer sampai campuran menjadi mengembang.
2. Saring tepung dan baking powder ke dalam mangkuk dan aduk rata. Simpan di lemari es untuk selama 15 menit.
3. Perhatikan hasil adonan harus sedikit lebih halus setelah dari lemari es. Lalu masukkan 1 atau 2 sdt air.
4. Panaskan wajan dengan api sedang (kecil lebih baik). Lalu oleskan minyak pada wajan secara merata untuk mendapatkan hasil warna kecoklatan yang maksimal.Kemudian, sebelum memasukan adonan dalam wajan, kamu bisa menakar sekitar 3 sendok adonan dalam wadah lain (gelas, atau mangkuk kecil) lalu masak di wajan, gunanya agar Dorayaki memiliki ukuran yang sama tidak lebih dan kurang.
5. Bila melihat permukaan adonan mulai mengembang, balik masakan tersebut dengan sisi satunya lagi.Biasanya dalam memasak dibutuhkan waktu 30 detik untuk mendapatkan warna kecoklatan. Angkat ke piring dan tutupi jangan biarkan terbuka untuk mencegah pengeringan pada kue.
6. Buat tumpukan seperti sandwich dengan pasta kacang merah. Masukan banyak pasta kacang merah di bagian tengah sehingga bentuk dorayaki akan melengkung (bagian tengahnya harus lebih tebal). Bungkus dorayaki dengan bungkus plastik untuk agar lebih menempel.
7. Dorayaki siap disantap.

.

.

.

.

Source : Cookpad

Tag: Resep, Dorayaki, Kue, Manis, Jepang, Kuliner, Kekinian

Resep Kue unik lidah kucing rainbow

125 view • 1 bulan yang lalu

Resep ayam goreng mentega andalan mama bunda

96 view • 1 bulan yang lalu

Resep Pisang Nugget

33 view • 24 hari yang lalu