Ternyata Ini Penyebab Rambut Rontok

Bigel Official | Jumat, 11 Jan 2019 - 10:14 AM

Penyebab Rambut Rontok dan Solusi Penumbuh Rambut Rontok 

Hello sahabat bigel, Menyebalkan memang mengalami masalah rambut rontok. Seringkali juga mengkhawatirkan bila kerontokan terjadi setiap hari dan berjumlah sangat banyak. Kerontokan yang terjadi dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan kebotakan. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri kita. 

Jumlah rambut rontok tiap harinya memiliki jumlah yang variatif. Untuk bisa dikatakan kerontokan rambut yang parah, jika kerontokan rambut per harinya berjumlah 50 – 100 helai. Untuk kerontokan yang berjumlah diatas 100 bisa katakan cukup parah. Jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan penipisan rambut yang cukup parah. 

Banyak yang tidak diketahui bahwa kerontokan rambut terjadi bisa karena faktor iklim. Sebuah penelitian di inggris menemukan sebuah fakta bawah kerontokan rambut banyak terjadi pada musim panas dan musim gugur. Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa pada musim-musim tertentu rambut akan mengalami fase istirahat. Telogen (fase kerontokan) yang sering kali memang terjadi pada musim panas dan musim gugur. 

Telogen adalah fase istirahat rambut atau kerontokan rambut dimana folikel akan melepaskan rambut dan digantikan dengan rambut baru. Jika fase kerontokan rambut terus terjadi dalam 3-4 bulan akan menjadi masalah yang serius. Namun anda tidak perlu khawatir jika selama fase kerontokan ini anda tetap mejaga kesehatan rambut dan metabolisme dalam tubuh. Dengan Cara  mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dan menutrisi rambut dan kulit kepala. 

Kerontokan rambut memang akan selalu terjadi. Namun jika tidak diimbangi dengan tumbuhnya rambut baru akan menjadi masalah yang cukup serius. Kerontokan rambut yang terjadi bisa juga disebabkan karena tingkat stress yang berlebihan dan kondisi metabolisme yang kurang stabil. Stress menurut psikolog Soni B. Hermawan adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki daya dan cara untuk menghadapi suatu masalah. 

Kondisi stress bisa diakibatkan karena berbagai macam hal yang biasa terjadi. Bisa karena tuntutan kerja, hubungan sosial yang tidak baik, kondisi psikis yang kurang kuat dalam menghadapi berbagai masalah hidup. Secara terus menerus kondisi stres akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh seseorang. Hal ini juga akan mengganggu kesehatan kulit kepala. Sehingga akan membuat rambut mudah rontok. Hal ini umumnya sering terjadi tanpa disadari oleh banyak orang bahwa stress bisa mengakibatkan kerontokan rambut. 

Untuk itu perlunya mengendalikan tingkat stress agar kondisi metabolisme tubuh secara keseluruhan tetap stabil. Selain tingkat stress yang tidak terkendali, metabolisme yang tidak stabil juga bagian dari faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Metabolisme yang terganggu bisa jadi karena adanya gejala penyakit yang cukup serius. 
 

KepoGaul.com


Berikut adalah beberapa Penyebab Kerontokan Rambut yang sering terjadi: 
 


1. TIROID 


Tiroid adalah kelenjar  yang mengatur hormon dalam tubuh. Jika fungsi kelenjar tiroid tidak berfungsi akan menganggu masalah metabolisme hormon dalam tubuh yang dampaknya adalah terjadinya kerontokan rambut. 
 


2. ALOPECIA AREATA 

Baca juga


Penyakit ini adalah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh yang memang menyerang folikel rambut. Jika terjadi secara langsung akan mengakibatkan kerontokan rambut. Alopecia areata biasa disebut sebagai kebotakan koin yang menimbulkan bercak putih pada bagian tertentu di tubuh. Gejala yang dialami penderita alopecia biasanya akan terlihat sehat tetapi mengalami kebotakan di area tertentu mulai terlihat sebaiknya segera periksakan ke dokter. 
 


3. Telogen Effluvium 


Kerontokan rambut yang terjadi ini biasanya karena telah mengalami operasi besar seperti melahirkan atau peristiwa yang menyebabkan stress baik secara fisik atau psikis. 
 


4. Infeksi Kulit Kepala 


Infeksi pada kulit kepala akan mengakibatkan luka yang akan merusak jaringan kulit kepala. Sehingga kerusakan tersebut juga akan merusak folikel rambut dan berakibat pada kerontokan rambut. 
 


5. Cicatrial Alopecia 


Cicatrial Alopecia atau juga disebut sebagai kebotakan parut. Penyakit ini diakibatkan terjadinya peristiwa tertentu yang menyebabkan bekas luka pada jaringan kulit. Sehingga jaringan kulit yang rusak juga akan merusaka folikel yang pada ujungnya akan menyebabkan kerontokan rambut. 
 


6. Perawatan kanker 


Penyakit kanker memang penyakit yang berbahaya dan mematikan. Namun bukan berarti tidak dapat disembuh kan. Beberapa metode yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker salah satunya dengan kemo terapi. Kemoterapi adalah metode yang memasukan zat kimia yang di masukan pada tubuh untuk menyerang sel kanker. Namun dampaknya juga akan berimbas pada sel sehat yang secara langsung akan tergangggu secara metabolisme. Dan secara terus menerus akan mengakibatkan kerontokan rambut bahkan terjadi kebotakan. Hal ini disebabkan karena sel sehat pada folikel rambut terganggu. Sehingga akan berimbas pada kerontokan rambut yang cukup parah. Perawatan kanker merupakan salah satu faktor penyebab kerontokan rambut yang cukup mengkhawatirkan. 
 


7. Trikotilomania 


Trikotilomania adalah penyakit gangguan mental dimana si penderita memiliki hasrat untuk mencabuti bulu atau rambut mereka sendiri. Penyakit ini umumnya terjadi karena si penderita mengalami kecemasan dan stress yang berlebihan. Sehingga dengan mencabuti bulu atau rambut adalah solusi untuk meredakan stres dan kecemasan yang sedang dialami. Jenis penyakit ini tidak bisa disembuhkan dengan obat tertentu. Karena faktor yang berperan adalah psikis, sehingga untuk mengatasi masalah ini harus ditangani langsung oleh psikiater. 
 


8. Perubahan Hormon 


Perubahan hormon ini biasanya terjadi pada perempuan dikarenakan berbagai macam penyebab. Bisa karena kehamilan, siklus menstruasi yang kurang baik, dan fluktuasi menopause. 

Penjelasan diatas adalah beberapa faktor penyebab terjadinya kerontokan rambut. Kerontokan rambut merupakan hal yang alami yang biasa pada seseorang. Karena memang rambut yang rusak akan digantikan rambut baru. Namun ada beberapa gelaja penyakit yang memang memiliki dampak pada kondisi kesehatan rambut. Karena efek samping dari suatu penyakit bisa berdampak langsung pada metabolisme dalam tubuh yang merusak folikel rambut. Selain penyakit secara fisik kerontokan rambut juga bisa disebabkan faktor psikologis. 

Kondisi kesehatan yang kurang baik dalam tubuh akan memberikan dampak secara keseluruhan pada tubuh. Tentunya juga akan berdampak pada kondisi kesehatan rambut. Untuk menjaga kesehatan rambut bisa dilakukan dengan menutrisi dari dalam tubuh. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, vitamin dan mineral. Perawatan rambut juga bisa dilakukan dari luar yakni dengan menggunakan produk pencegah kerontokan rambut hingga produk perawatan rambut dan penumbuh rambut. Untuk menjaga kondisi rambut agar selalu sehat dan bisa mengurangi kerontokan rambut dengan lebih maksimal. 

Menjaga kesehatan dan penampilan memang menjadi hal yang saling bekesinambungan. Karena dengan kondisi tubuh yang sehat akan mempengaruhi kondisi fisik kita dari luar maupun dalam. Sehingga perlu kita untuk terus selalu menjaga kesehatan kita. 

Itulah beberapa penjelasan tentang beberapa faktor penyebab rambut rontok 

 

 

Source : https://www.keiskei.co.id/ternyata-ini-penyebab-rambut-rontok/?gclid=CjwKCAiA99vhBRBnEiwAwpk-uOlyxOeKJTVuhwhSkIdP7RKl-GF1icyBSDj8AZozXvt9psCEwOyLmBoCe74QAvD_BwE

Tag: Kebotakan Rambut, Kerontokan Rambut, Masalah Rambut, Obat Rambut Rontok, Penumbuh Rambut, Perawatan Rambut, Tonic Anti Rontok

Bigel Official

Make it simple