10 Cara Merawat Rambut Rusak, Rontok, Mengembang, dan Keriting

Bigel Official | Jumat, 11 Jan 2019 - 11:11 AM

Hello sahabat bigel, kali ini kita akan membahas Cara merawat rambut rusak, rontok, mengembang, dan keriting. Rambut yang lembut, indah, dan subur tentu menjadi impian semua orang. Tetapi mahkota yang sehat tak didapat dengan cara instan. Setiap orang perlu tahu cara merawat rambut. 


Cara Merawat Rambut Rontok dan Gugur 

Ilustrasi rambut rontok 2014 Merdeka.com/Shutterstock/Mellimage


Bagi yang mengalami gejala penipisan rambut atau kerontokan, perawatan dari luar saja tak cukup. Sebaiknya diimbangi dengan nutris penyubur rambut. Berikut ini cara-cara merawat rambut rontok agar subur dan lebat. 

  1. Rawat dengan tonik daun jambu. Dilansir StyleCraze, tonik daun jambu kaya akan vitamin B, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut serta memiliki kandungan analgesik, anti-inflamasi, anti-mikroba, dan antioksidan. Buatlah tonik dari segenggam daun jambu biji yang direbus bersama air. Semprotkan di kulit kepala setelah keramas dan lakukan pemijatan. 
  2. Pakai masker bawang merah dan bawang putih. Buat masker rambut dari sari bawang putih dan bawang merah. Dilansir StyleCraze, bawang merah kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sulfur. Bawang putih mengandung tembaga dan zat besi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. 
  3. Konsumsi suplemen penyubur rambut. Dilansir Vitamins e-Store, suplemen biotin (vitamin B7), vitamin C, vitamin D, vitamin E, selenium, lycopene, lysine, dan minyak ikan bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengendalikan kerontokan. 


Cara Merawat Rambut Kering 

ilustrasi rambut kering boldsky.com 


Rambut kering biasanya lebih mudah rusak. Ini disebabkan kurangnya kelembapan pada batang rambut. Masalahnya beberapa orang memang memiliki jenis rambut seperti ini sejak lahir. Lalu bagaimana cara merawat rambut yang kering dan kasar? 

Di bawah ini beberapa tips dan cara merawat rambut yang cenderung kering. 

  1. Kondisioner. Kalau rambutmu kering, maka kondisioner adalah produk yang wajib digunakan sehabis keramas. 
  2. Hair mask. Rawat rambut dengan masker instan atau yang menggunakan bahan-bahan alami secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Pilih yang mengandung pelembap ekstra seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun. 
  3. Hair wrap. Setelah keramas, bungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Setelah itu lepaskan handuk dan biarkan kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut seketika. 
  4. Gunakan vitamin rambut. Sebutir minyak vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum hair dryer bisa membantu melemaskan rambut kering dan kasar. 
Baca juga

 

Cara Merawat Rambut Rusak 

Ilustrasi rambut rusak Garnier 


Sama seperti rambut kering, rambut rusak juga perlu penanganan khusus. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang bercabang dan rapuh. 

  1. Potong ujung rambut yang rusak. Bagian yang rusak total harus segera disingkirkan. 
  2. Gunakan sampo pada area kulit kepala saja. Busa sampo bisa menjadikan rambut rusak semakin kering dan mudah patah. 
  3. Gunakan kondisioner untuk rambut rusak. Tak cuma melembutkan, kondisioner juga bisa melapisi dan menutrisi batang rambut. 
  4. Pakai masker rambut. Satu atau dua kali seminggu untuk mengembalikan kelembapan dan nutrisi yang hilang. Pilih bahan-bahan alami berkhasiat seperti madu, lidah buaya, yogurt, alpukat, atau minyak tumbuhan lain. 
  5. Lakukan pemijatan dengan hot oil. Panaskan minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, zaitun, canola, atau rapeseed sampai hangat, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala. 
  6. Konsumsi nutrisi yang baik. Penuhi kebutuhan vitamin vitamin A, vitamin B, protein, dan zinc.

 
Demikian cara merawat rambut patah, bercabang, dan rapuh karena kerusakan.
 

Cara Merawat Rambut Keriting 

Ilustrasi rambut keriting Pexels


Punya rambut keriting seperti Wizzy? Atau rambut Anda justru ikal seperti Nadine Chandrawinata? Kalau begitu Anda harus tahu cara merawat rambut eksotis tersebut. 

Ada beberapa tips dan cara merawat rambut keriting yang bisa Anda coba di rumah. 

  1. Pilih produk khusus rambut keriting. Biasanya produk perawatan seperti ini terdiri dari sampo, kondisioner, dan serum atau styling product. 
  2. Leave-on conditioner. Pakai kondisioner tanpa bilas atau krim penyisir rambut agar rambut keriting tidak meliar. 
  3. Pakai handuk lembut. Gunakan handuk microfiber, karena handuk biasa memiliki permukaan kasar yang bisa merusak batang rambut. Bisa juga menggunakan kaos lama berbahan lembut. 
  4. Rutin hair mask. Jangan lupa hair mask setidaknya seminggu sekali agar rambut keriting tetap lembut dan berkilau seperti Atiqah Hasiholan. 
  5. Ikat rambut sebelum tidur. Agar rambut ikal tak kusut masai saat bangun tidur, ikat rambut sebelum tidur. Buat ikatan longgar saja. 


Cara Merawat Rambut Panjang 

Ilustrasi rambut panjang 2014 Merdeka.com/Shutterstock/Sekundator 


Semakin panjang rambut biasanya semakin bermasalah kondisinya, terutama di bagian ujung. Untuk mencegah hal ini, ada beberapa cara merawat rambut panjang yang bisa diterapkan. 

  1. Pakai minyak almond. Dilansir Boldsky, minyak almond mengandung aneka nutrisi sehat untuk rambut seperti asam lemak Omega-3, fosfolipid, vitamin E, dan magnesium yang penting untuk kesehatan rambut. 
  2. Rawat dengan jus lidah buaya. Tiru cara Ririn Dwi Ariyanti merawat rambut dengan masker lidah buaya yang diblender. 
  3. Gunakan vitamin rambut di ujung. Fokus pada ujung yang paling mudah rusak. 
  4. Kondisioner. Jangan sampai alpa mengusap kondisioner setiap habis keramas. 


Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe 

Hasil gambar untuk rambut berketombe
Republika.co.id


Ketombe tak hanya bisa mendatangkan rasa gatal. Tapi juga bisa akibatkan kerontokan. Kalau Anda sudah bermasalah dengan keduanya, maka Anda membutuhkan cara merawat rambut yang bisa mengatasinya. 

Di bawah ini beberapa cara merawat rambut rontok dan berketombe yang efektif. 

  1. Pijat dengan minyak pohon teh. Minyak pohon teh ampuh atasi ketombe dan jerawat di kulit kepala yang kadang bisa terjadi. Juga dapat melancarkan peredaran darah untuk kesuburan rambut. 
  2. Pakai masker pepaya & madu. Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Kombinasikan dengan khasiat antiseptik dan menyuburkan dari madu. 
  3. Pakai masker aloe vera & jeruk nipis. Aloe vera bersifat anti-septik dan menyuburkan. Padukan dengan sari lemon agar kulit kepala sehat. 
  4. Jauhi wax & styling gel. Kedua produk ini bisa membuat rambut cepat kotor dan menjadi sarang jamur. Selain itu bahan kimianya bisa melemahkan batang rambut. 


Itulah cara merawat rambut yang rontok dan kulit kepala berketombe secara bersamaan. 

 

Cara Merawat Rambut Pria 

Ilustrasi rambut pria menipis Thinkstock photos/ Getty Images 


Umumnya kaum pria tidak ingin perawatan yang ribet, termasuk untuk rambut. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang sesuai untuk pria. 
 

  1. Jangan keramas setiap kali mandi. Kebiasaan ini bisa membuat rambut rontok dan keseimbangan pH kulit kepala tak seimbang. Keramas dua hari sekali saja. 
  2. Pakai kondisioner. Kondisioner perlu untuk menjaga agar rambut tidak kaku dan tetap sehat. 
  3. Jangan pakai pomade terlalu sering. Pomade yang tidak berbasis air bisa membuat rambut rapuh. 
  4. Gunakan minyak rambut alami. Minyak kemiri atau urang-aring sekali waktu akan menjadikan rambut sehat dan tidak cepat beruban. 
     

Cara Merawat Rambut Agar Lurus

Ilustrasi rambut indah Shutterstock


Kadang rambut terlihat lebih keriting karena kurang kelembapan dan tidak dirawat dengan baik. Bagaimana cara merawat rambut seperti ini agar terlihat lebih lurus alami? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba. 

  1. Bilasan santan & jeruk nipis. Bilas rambut yang sudah dikeramas dengan santan sebagai pengganti kondisioner. 
  2. Rajin hair mask. Bahan alami kaya pelembap seperti madu, yogurt, pepaya, pisang, dan minyak kelapa akan menjadikan rambut lembap dan lebih lurus. 
  3. Sisir & keringkan dengan hair dryer. Agar rambut terlihat lebih lurus dan rapi, keringkan dengan hair dryer. Selagi rambut dikeringkan, sisir terus-menerus sampai benar-benar kering. 
  4. Jangan sering diikat atau digelung. Ikatan karet akan membuat rambut bergelombang. 
  5. Pakai vitamin rambut. Selain melemaskan rambut, minyak vitamin juga menjadikan rambut tampak lebih lurus. 
     

Cara Merawat Rambut Alami 

Ilustrasi bahan alami untuk perawatan rambut berhijab 2017 Merdeka.com 


Ingin tahu cara merawat rambut dengan bahan-bahan alami? Berikut ini beberapa bahan terbaik yang bisa dimanfaatkan khasiatnya. 

  1. Masker alpukat. Kaya akan minyak pelembap alami dan vitamin E yang baik untuk rambut kering dan rusak. 
  2. Masker pisang. Pelembap alami, mineral, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam pisang penting untuk kesehatan dan kelembutan rambut. 
  3. Masker santan instan. Padukan santan instan dengan air perasan jeruk nipis agar rambut sehat, lebat, lembut, dan bebas lepek. 
  4. Masker putih telur dan lidah buaya. Keduanya merupakan dua bahan alami terbaik untuk menyuburkan dan melebatkan rambut. 
  5. Konsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selada air, dan sawi kaya akan methyl sulphony methane (MSM) yang bisa meningkatkan produksi keratin pada rambut. 

 

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mengembang 

Ilustrasi rambut indah foxandjanesalon.com


Agar rambut tak 'liar' seperti surai singa, Anda yang memiliki rambut mengembang bisa mencoba beberapa cara merawat rambut di bawah ini. 

  1. Gunakan vitamin rambut. Melembutkan rambut yang terasa kering dan kasar dalam waktu singkat. 
  2. Bilas dengan cuka apel. Dilansir Boldsky, sifat asam pada cuka apel berfungsi untuk menyeimbangkan pH pada kulit kepala dan batang rambut. Dengan demikian, rambut tidak akan terlalu kering dan mengembang. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Tuangkan ke rambut, kemudian diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. 
  3. Pakai masker alpukat & yogurt. Mengandung minyak pelembap alami dan nutrisi yang ampuh sebagai kondisioner dan masker rambut. 


Demikian berbagai cara merawat rambut dengan bahan dan metode alami. Untuk yang memiliki kulit sensitif, hati-hati dalam memilih bahan yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi. Misalnya saja bawang merah, bawang putih, telur, dan lidah buaya. Silakan pilih bahan dan cara merawat rambut yang paling sesuai dengan kondisi rambut dan kulit Anda. Semoga Bermanfaat dan jangan share ya guys 😉
 


Source : https://www.merdeka.com/gaya/cara-merawat-rambut-kln.html

Tag: Cara Merawat Rambut, Cara Mengatasi Rambut Rontok, Cara Menghilangkan Ketombe, Tips Cantik Alami, Wanita Merdeka