Cara Ubah HP Android Jadi Speaker Bluetooth, 100% Works!

Bigel Official | Senin, 14 Jan 2019 - 03:55 PM

Kamu pengen dengerin lagu di PC / laptop tapi gak punya spakernya ? Tenang saja, dengan adanya cara ini kamu bisa memanfaatkan smartphone kamu untuk menjadi speaker Bluetooth.

 

Tanpa perlu keluar uang untuk membeli speaker, kamu bisa mengubah HP Android jadi speaker Bluetooth untuk PC/ laptop kamu loh. Penasaran bagaimana caranya? yuk langsung simak aja.

Baca juga

 

Cara Mengubah HP Jadi Speaker PC/Laptop, Sangat Mudah!

Sumber foto: androidauthority.com

Android memang menjadi sistem operasi mobile yang dibekali dengan banyak kemampuan mengagumkan, berbagai macam aplikasi unik yang tersedia di dalamnya. 

Termasuk juga salah satu aplikasi berikut yang bisa mengubah smartphone Android kamu menjadi speaker Bluetooth, baik pada PC atau laptop. Penasaran bagaimana cara kerjanya?

 

1. Persiapkan Software

Tentu pertama kali kamu harus menyiapkan aplikasi-aplikasi untuk mengubah Android kamu jadi speaker Bluetooth. Di sini kamu bisa install aplikasi SoundWire Free pada Android dan SoundWire Server untuk di PC dan laptop. 

Untuk mempermudah kamu juga, berikut sudah Jaka sediakan juga tautan download kedua aplikasi tersebut guys.

 

SoundWire Client (Android):  Download
SoundWire Server (Windows) : Download

 

2. Persiapkan Client di PC/Laptop

Setelah keduanya sudah terinstall, selanjutnya buka dulu software SoundWire Server pada PC atau laptop kamu. Di sini, pastikan PC atau laptop dan smartphone kamu terhubung pada jaringan WiFi yang sama ya! 

Setelah membuka SoundWire Server, kamu tinggal melihat bagian Server Address dan catat alamat yang tertera untuk selanjutnya dihubungkan ke smartphone Android kamu.

 

3. Persiapkan Client di HP

Buka aplikasi SoundWire Free pada Android dan pastikan lagi sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sama dengan PC atau laptop kamu. 

Selanjutnya kamu tinggal masukkan alamat server pada kolom Server. Tap tanda Check jika kamu sudah menyelesaikannya.

 

4. Tes Suara Speaker

Jika sudah, kemudian pastikan software SoundWire Server pada PC atau laptop sudah berubah status dari Disconnected menjadi Connected. Untuk mengetes suara keluar atau tidak, kamu tinggal coba memutar video YouTube ataupun lagu dari Spotify guys. 

Jika belum berhasil, coba sambung-putuskan koneksi hingga lagu dapat terputar pada speaker di Android kamu. 

5. Lakukan Penyesuaian

Biasanya suara akan bentrok antara PC dengan smartphone, kamu tinggal mute untuk mendengarkannya hanya di Android. 

Nah, untuk mematikan suara kamu tinggal tap ikon SoundWire yang terdapat di Android hingga ikon berubah menjadi redup.

Catatan: 
Beberapa kasus suara yang terdengar akan delay sekitar 1 detik jika kamu menggunakannya untuk menonton film. Kamu bisa pakai tool audio/video sychronization yang terdapat pada software pemutar video seperti VLC dan sebagainya.

 

Gimana, keren banget kan? Nah itulah dia cara mengubah HP Android menjadi speaker Bluetooth di PC/laptop. 

Tentu cara ini nggak sebaik jika dibanding kamu menggunakan Bluetooth speaker maupun speaker yang terhubung lewat port jack 3.5mm. Selamat mencoba guys!

 

(dikutip dari: https://jalantikus.com/tips/cara-mengubah-android-jadi-speaker-pc/)

 

Tag: Speaker