6 Cara Terbaik Untuk Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Bahan Alami

Bigel Official | Rabu, 16 Jan 2019 - 10:43 AM

Batuk dan flu sering terjadi karena virus dan bakteri influenza. Macam-macam batuk terdiri dari batuk kering dan batuk berdahak.

 

Saat ini telah tersedia banyak obat batuk di pasaran, namun untuk obat batuk kemasan biasanya mengandung bahan kimia yang terkadang bisa menimbulkan efek samping buruk bagi penggunanya. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan obat batuk dengan bahan alami.

Baca juga

 

Dilansir dari everydayroots.com, inilah beberapa obat alami yang terbukti bisa membantu Anda menyembuhkan batuk berdahak. 
 


Madu Dan Jeruk Nipis

Img : Blogunik


Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk mengobati batuk. Untuk batuk berdahak, Anda bisa mencampurkan satu sendok madu murni dengan air jeruk nipis. Minumlah ramuan ini secara teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. 


Akar Teh Licorice

Img : Res.cloudinary


Akar Licorice merupakan salah satu tumbuhan alami yang baik dan dipercaya bisa mengobati batuk berdahak. Selain bisa mengobati batuk berdahak, tumbuhan ini dipercaya juga mampu mengobati tenggorokan yang sakit akibat radang. Cara pemakaiannya yang pertama : 


Rebus akar dengan air mendidih dengan air 1 sampai 2 gelas. Setelah dingin, minumlah air rebusan akar tersebut. Untuk menambah rasa manis di dalam tehnya, Anda bisa mencampurnya dengan madu. 


Berkumur Dengan Air Garam

Img : Batamfm


Air garam merupakan salah satu obat alami yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan dan termasuk batuk berdahak. Berkumurlah dengan air garam hangat setidaknya 2 kali dalam sehari. Lakukan secara teratur pada pagi dan malam hari. Selain mampu membunuh virus dan bekteri penyebab batuk, berkumur dengan air garam dipercaya bisa mengusir dahak di dalam tenggorokan Anda. 


Uap Minyak Kayu Putih Dan Daun Teh

Img : 3.bp.blogspot


Uap dipercaya bisa membantu Anda melawan virus penyebab batuk berdahak dan juga pilek. Caranya cukup mudah, siapkan air panas yang masih mengeluarkan uap. Masukan minyak kayu putih atau daun teh ke dalam air itu. Saat Anda menghirup uap ini, virus dan bekteri penyebab batuk berdahak secara perlahan akan terbuang. 


Madu dan Lada Hitam

Img : Cdn.hellosehat


Lada hitam merupakan salah satu rempah yang tidak hanya memberikan aroma sedap pada makanan, tetapi ia juga bisa membantu kamu untuk menyembuhkan batuk berdahak. akan tetapi kamu harus mencampurkan madu dan lada hitam lalu minum, karena jika kamu hanya memakan ladanya saja tidak akan kuat karena rasanya kurang enak. Dengan meminum ramuan ini secara teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam, batuk yang disertai dahak pada diri kamu perlahan bisa sembuh. 


Jahe dan Kencur

Img : Cdn.hellosehat


Dua rempah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain mampu menghangatkan tubuh, dua rempah ini dipercaya sebagai obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan batuk. Caranya cukup mudah kupas dan cuci hingga bersih jahe ataupun kencur. Keduanya bisa digunakan sebagai bahan minuman. Dan untuk kencur, kamu bisa langsung mengunyahnya sebagai obat batuk. 

Itulah bahan-bahan alami terbaik yang bisa membantu kamu untuk menyembuhkan batuk berdahak. Pastikan bahan-bahan alami ini sudah bersih sebelum menggunakannya sebagai obat batuk. Jika dengan bahan alami ini batuk yang kamu derita tidak kunjung sembuh, disarankan untuk periksa ke dokter.

Tag: Batuk Berdahak, Batuk