Kebijakan Baru SNMPTN dan SBMPTN 2019

Bigel Official | Selasa, 05 Feb 2019 - 09:48 AM

Penting adanya untuk mengetahui perbedaan SNMPTN dan SBMPTN. Hal ini dikarenakan, meski tampak serupa, keduanya merupakan ujian penentu bagi lulusan sekolah menengah atas untuk dapat masuk ke perguruan tinggi impian. Lalu, apa beda keduanya? 

SNMPTN alias Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dilakukan bertujuan untuk mendapatkan mahasiswa yang berkualitas secara akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih pada Perguruan Tinggi (PTN) tersebut. Selain pertimbangan nilai rapor dan prestasi siswa, juga dipertimbangkan  rekam jejak kinerjanya sekolah. Kriteria seleksi nasional dan kriterianya disesuaikan dengan PTN yang hendak dimasuki oleh para calon-calon mahasiswa. 

Cara Mendaftar SNMPTN 

Siswa Pendaftar yang telah memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran. 

Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan itu (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang di pilih. 

Siswa Pendaftar pada program studi dibidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id. 

Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti sebagai peserta SNMPTN. 
Seleksi nantinya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : 
Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studinya. 
Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung. 

SBMPTN 


Di sisi lain, SBMPTN alias Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi adalah sebuah penyeleksian mahasiswa baru dengan prinsip efisien, murah, dan fleksibel di mana calon mahasiswa baru dapat mengikuti seleksi dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). 

SBMPTN 2019 dapat diikuti oleh siswa lulusan dari tahun 2017 hingga 2019 dari pendidikan menengah seperti SMA/SMK/MA dan sederajat. Lulusan paket C juga dapat mengikuti SBMPTN 2019 dengan jarak tahun yang sama. 

Berikut Tahapan Pendaftarannya: 

1. Mengisikan Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019). 
2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN 
3. Mengunggah  portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara untuk pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id 
4. Mengunggah dokumen-dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019 

Untuk diketahui, bagi mahasiswa yang telah diterima pada seleksi SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan unuk mendaftar lagi pada SBMPTN 2019.

Baca juga

Tag: Sbmptn, Snmptn, Ujian