Tips Percepat Koneksi Internet Android Dengan 6 Cara Jitu Berikut

Akhmad Alvian Nanda | Jumat, 15 Feb 2019 - 09:59 AM

Internet merupakan salah satu kemajuan teknologi yang meruntuhkan tembok pembatas ruang dan waktu. Setiap orang dapat mengakses beragam informasi dan mampu berkomunikasi melalui beragam media sosial, tentunya tanpa batas.

 

 Untuk tetap berselancar di jaringan internet tanpa batas, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mempertahankan kecepatan koneksi internet. 

Baca juga

 

Jika Anda pengguna smartphone Android, maka cara jitu ini sangat cocok dan bisa diterapkan untuk mempercepat koneksi internet Android Anda. 

 

Berikut penjelasan 6 cara jitu percepat koneksi internet untuk Android :

 

1. Gunakan Aplikasi Faster Internet 2x

Aplikasi Faster Internet 2x merupakan salah satu aplikasi untuk mempercepat koneksi internet ponsel Anda. Aplikasi ini mencoba meningkatkan kecepatan koneksi internet 3G dan 4G menjadi 2x lipat/berlipat ganda dari sebelumnya. Aplikasi ini dapat diterapkan untuk ponsel yang sudah di-root ataupun yang tidak di-root. Keren, kan ?

 

2. Gunakan Jaringan 3G/HDSPA atau 4G

Saat ini, sudah terdapat dua jaringan tercepat yang akan menemani Anda dalam mengakses internet, yaitu jaringan 3G dan 4G. Kedua jaringan tersebut mempunyai sinyal yang kuat dan tergolong stabil. Bahkan, saat ini sudah dirilis ponsel pintar Android 4G, di mana dapat menyesuaikan sinyal yang terkuat di suatu daerah. Dengan kemampuan ini, maka kemampuan akses internet jauh lebih cepat dan tentunya Anda akan lebih nyaman dan puas.

 

3. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Salah satu cara mempercepat koneksi internet adalah dengan aplikasi penguat sinyal. Anda dapat mencoba menerapkan aplikasi ini dengan cara men-download secara gratis di Google Play Store. Ada beberapa aplikasi untuk memperkuat sinyal, di antaranya Network Signal Booster, Network Speed Booster, Network Signal Info, dan sebagainya.

 

4. Kosongkan Cache

Mengosongkan cache adalah salah satu cara jitu untuk mempercepat koneksi internet Android. Mengapa demikian? Cache berpotensi memperlambat kinerja ponsel pintar Anda. cache yang sudah menumpuk dapat menyebabkan gangguan kestabilan pada koneksi internet. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, kan? Oleh karena itu, kosongkanlah cache dengan menghapusnya secara berkala di HP Android.

 

Gunakan aplikasi untuk mengosongkan cache. Anda dapat memilih satu di antaranya beberapa aplikasi pengosong cache di Google Play Store. Meskipun demikian, baiknya Anda menggunakan aplikasi Clean Master dengan kemampuan yang lebih terjamin untuk mengosongkan cache.

 

5. Gunakan Opera Mini dan UC Browser Mini

Browser juga menentukan kecepatan dalam mengakses internet. Kecepatan dalam menemukan data di internet, baik berupa tulisan, audio, hingga video, dapat dipengaruhi oleh kemampuan browser dalam proses pencarian. Untuk kecepatan akses lebih baik, gunakan opera mini dan UC Browser Mini untuk Android Anda. 

Kedua browser tersebut mempunyai tingkat kompresi data cukup tinggi, sehingga mampu menjelajah internet secara cepat dan irit dalam hal pemakaian kuota internet. Selebihnya, untuk UC Browser Mini sudah terlepas dari iklan, sehingga tanpa hambatan dalam proses akses keperluan.

 

6. Pilihlah Operator Seluler yang Tepat

Setiap operator tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi, Anda harus memilih operator seluler yang tepat demi kecepatan akses internet seperti yang diharapkan. Operator seluler berperan penting dalam menentukan kecepatan koneksi internet di ponsel Android Anda. Sebagai saran, pilihlah operator yang kekuatan sinyalnya tergolong baik di tempat tinggal Anda. Cara tersebut dapat menolong Anda agar lebih prima dalam penggunaan internet untuk beragam kepentingan.

 

Dengan berbagai cara meningkatkan koneksi internet tersebut, Anda dapat memperoleh layanan akses internet tanpa batas dengan kecepatan lebih. Kecepatan akses yang berlipat tersebut mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berselancar via internet. Anda dapat mencermati setiap cara jitu percepat koneksi internet tersebut dengan cermat dan pilihlah yang sesuai.  Let’s break the limit !

Tag: Tips, Android, Internet

Akhmad Alvian Nanda

Positive Mind, Positive Mouth, Positive Move