Youtube Ulang Tahun Ke 14, Ini 5 Fakta Menarik Dibalik Ulang Tahun YouTube

Yusnanda Dwi | Jumat, 15 Feb 2019 - 08:47 PM

Siapa si yang ngga kenal dengan YouTube? Dan siapa yang setiap hari buka YouTube untuk nonton video terbaru dari YouTuber kesayangan kalian yang sangat menarik? Tak terasa layanan YouTube sudah berusia 14 tahun.

YouTube yang didirikan pada tanggal 14 Februari 2005 di San Bruno, California, Amerika Serikat. YouTube memiliki tiga pendiri yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Tiga pendiri Youtube ini pernah bekerja di perusahaan digital Paypal.

Selama 14 tahun beridiri YouTube sudah berisi banyak sekali konten-konten video yang sangat menarik dari musik, film pendek, trailer film, video lucu, tutorial dan masih banyak lagi.

Baca juga

Dibalik perayaan ulang tahun YouTube yang ke 14 ini, berikut beberapa fakta menarik tentang YouTube :

1.US $1,65 miliar akuisisi

Setelah satu tahun beberapa bulan YouTube didirikan, akhirnya Google melirik dan mengakuisisi YouTube senilai US $1,65 miliar atau setara Rp 23 triliun pada bulan November 2016. Dan semenjak itu YouTube menjadi anak perusahaan Google hingga sekarang.

Pendapatan YouTube berasal dari Google Adsense dengan program yang menargetkan dari isi konten dan audiens.

2.Video Pertama Diunggah Pada Tanggal 23 April 2005

Ternyata video yang diunggah pertama kali di YouTube adalah video dari salah satu pendiri YouTube yaitu Jawed Karim. Video berjudul 'Me at the zoo' yang berlatar di sebuang kebun binatang di daerah San Diego. Video tersebut sudah ditonton lebih dari 61 juta kali.

3.4 Miliar Video Ditonton Setiap Hari!

Tahun 2018 kemarin jumlah pengguna YouTube adalah 1 miliar user dan setiap harinya pengguna YouTube menonton 4 miliar video, serta 6 miliar jam waktu tonton setiap bulannya. Dan ada lagi yang cukup membuat terkejut yaitu ada 300 jam video yang diunggah setiap menitnya ke YouTube.

4.Terdapat 76 Bahasa

Sejak diakuisisi Google, YouTube bisa diakses dalam 76 bahasa global dan memiliki 70 versi lokal karena traffik terbesar yaitu 80 persen adalah dari luar Amerika Serikat.

5.15 Juta Dislike Hasil Kreasi YouTube Sendiri

Merupakan pengalaman buruk bagi YouTube sendiri pasalnya YouTube mengunggah video 'YouTube Rewind 2018: Everyone Controls Rewind'. Video tersebut dianggap kurang memuaskan dan tidak mewakili apa saja yang terjadi di tahun 2018 dan mendapatkan 15 juta dislike sampai Februari 2019.

Berikut 5 fakta dibalik ulang tahun YouTube yang ke 14 ini, menarik sekali. Gunakan YouTube dengan bijak sebagai media yang menghibur dan memberi wawasan yang luas bagi kita.

Tag: Youtube, Fakta, Video