7 Wisata Indonesia yang Mirip dengan Luar Negeri

Bigel Official | Rabu, 20 Feb 2019 - 01:59 PM

Gak perlu mahal-mahal ke luar negeri

Belakangan ini, isu indikasi adanya plagiat terhadap tempat wisata di MOIC Los Angeles, Amerika, santer terdengar. Dua tempat wisata Indonesia yang tampak mirip adalah Rabbit Town di Bandung serta Ice Cream World di Bali dan Yogyakarta selalu jadi perbincangan hangat.  

Meski demikian, masyarakat Indonesia masih ramai berfoto ria demi mendapatkan  spot Instagramable di sana. Disengaja atau tidak, sebenarnya ada banyak tempat wisata serupa yang ada di Indonesia. Berikut di antaranya: 

1. Patung Buddha Tidur

Kedua patung di atas tampak mirip, kan? Bisa menebak mana yang ada di Indonesia? Benar, foto bagian atas merupakan patung buddha asal Indonesia yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur. Dibangun menggunakan beton dan dilapisi cat emas, patung tersebut mempunyai panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. 

Sedangkan, yang di bawah merupakan patung buddha di Thailand berlapis 336 emas 18 karat. Berlokasi di Wat Pho, patung buddha berukuran panjang 46 meter dan tinggi 15 meter ini sudah ada sejak 1.832 silam.   

Bukan plagiat, tetapi patung Buddha tidur (rupang Buddha) merupakan bentuk simbolis mengingat Sang Buddha. Selain di Indonesia dan Thailand, kamu bisa menemukannya di India, Vietnam, dan sebagainya.


2. Pasar Apung

Baca juga

Tak dapat dimungkiri, kawasan Asia memang mempunyai banyak spot pasar tradisional. Di antaranya adalah pasar apung yang menjadi daya tarik khas seperti di Banjarmasin, Thailand, dan Vietnam. 

Di Indonesia, kegiatan pasar apung sudah ada sejak 400 tahun lalu. Hingga saat ini, pasar terapung di atas Sungai Barito, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan, telah menjadi tempat wisata ikonik. Sayangnya, pasar tersebut tidak seramai dahulu dan sempat dikabarkan akan punah. Apakah hal tersebut akan terjadi?  

Lain halnya dengan Thailand, pasar terapung di kawasan Damnoen Saduak memang dikonsep sebagai tempat wisata. Tempat tersebut masih terjaga untuk mengenalkan kepada wisatawan tentang aktivitas tradisional mereka.


3. Simpang Lima Gumul dan Arc De Triomphe

Kembar tapi beda. Kamu tentu tahu mengenai kedua bangunan tersebut kan? Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) baru diresmikan pada 2008 yang terinspirasi ramalan Jongko Jojoboyo. Monumen yang bertujuan menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri. 

Sejak adanya SLG, kawasan Kabupaten Kediri memang mengalami perubahan signifikan menjadi pusat ekonomi dan perdagangan baru. Bangunan tersebut secara tidak langsung juga tampak mirip dengan Arc De Triomphe di Paris. 

Arc de Triomphe dibangun atas perinah Napoleon Bonaparte yang diresmikan pada 1836. Sebagai monumen untuk mengenang para pahlawan, bangunan ini menggambarkan peristiwa revolusi serta masa kekaisaran. Ada pula museum yang mendukung kisah-kisah tersebut.

 

(Source idntimes.com)

Tag: Wisata Indonesia, Luar Negeri