Begini Caranya Membuat Password Unik Dan Mudah Diingat

Yusnanda Dwi | Kamis, 21 Feb 2019 - 09:28 AM

Semakin kita aktif di dunia maya maka semakin kuat juga ingatan tentang password karena kalau lupa nantinya akan bingung untuk membuka akun.

Apabila kita banyak join atau mendaftar di situs maka kita harus dapat mengingat password disetiap akun yang berbeda. Untuk password sendiri merupakan autentikasi keamanan yang dibuat untuk melindungi akun agar lebih aman.

Membuat kata sandi atau password yang aman dan mudah diingat menjadi sesuatu yang cukup sulit karena banyak orang yang memiliki akun.

Baca juga

Apabila membuat kata sandi yang mudah dan sederhana, tingkat keamanannya menjadi rendah dan rentan di hack oleh orang yang tidak dikenal dan nantinya akun anda akan disalahgunakan.

Kebanyakan website sekarang menerapkan keamanan kata sandi yang baik yaitu dengan minimal panjang karakter kata sandi adalah delapan karakter huruf kecil dan besar, angka dan karakter khusus.

Berikut ada beberapa langkah untuk membuat kata sandi yang aman:

Langkah 1: Buat bagian kata sandi yang tidak berubah

1.Pikirkan lirik lagu, puisi, kutipan dan lain-lain yang diingat.

2.Ambil huruf pertama dari tiga hingga lima kata pertama

3.Di antara setiap huruf tersebut tambahkan karakter khusus seperti : #, $, % dan lain-lain.

Langkah 2: Tambah kekuatan asosiasi

1.Ketika anda mendaftar di sebuah website, tulislah kata pertama yang berhubungan dengan website yang terkait.

2.Misal, anda membuat akun di Twitter, berarti anda menuliskan kata yang masih berhubungan dengan Twitter semisal 'trend', bisa dalam huruf besar.

Letakkan kata ini diakhir kata yang tidak berubah sebelumnya.

Misal anda mengingat sebuah judul lagu 'Ada Aku Disini'. Dan karakter khusus yang akan digunakan adalah &, maka anda bisa membuat kata sandi misal A&A&D&Twit3345 atau mungkin bisa dikombinasikan dengan yang lain.

Tag: Facebook, Twitter, Password, Keamanan