Gak Perlu Pakai Pen Earpiece, Lakukan 7 Cara Ini Untuk Melatih Ingatanmu

Rianda Prayoga | Jumat, 22 Feb 2019 - 04:52 PM

Apakah kamu orang yang pelupa? Tapi kalau tentang Pen Earpiece masih ingat kan? Lah, apa hubungannya sama Pen Earpice.

Jadi gini, beberapa hari lalu "Pen Earpiece" sedang ramai diperbincangkan. Diduga sebuah alat canggih itu digunakan oleh salah satu kontestan Pilpres 2019 sebagai alat bantu untuk menerima masukan materi debat dari tempat lain.

Seperti kalau kita ujian, kita sediakan contekan. Bisa itu sobekan kertas, hp dan hal yang sebisa mungkin orang gak tahu kalau kita lagi nyontek.

Baca juga

Namun dugaan penggunaan Pen Earpiece dalam debat capres kedua (17/2) nyatanya tidak benar. Sudah dibantah oleh capres petahana Joko Widodo. Dan KPU juga memastikan tidak ada penggunaan Pen Earpiece ketika debat capres.

Pen Earpiece ini sebenarnya bagus sebagai alat komunikasi yang canggih. Namun jangan digunakan untuk perbuatan curang ya. Seperti saat lagi ujian disekolah misalnya.

Nyatanya kita gak perlu menggunakan alat canggih seperti Pen Earpiece untuk hal-hal yang disebutkan diatas. Selama kita rajin belajar, membaca dan metode lainnya, maka dengan sendirinya ingatan kita jadi bagus.

Kali ini Bigel ingin kasih kamu tips jitu agar ingatan kamu bagus dan gak lupa-lupa lagi.

Visualisasikan ingatanmu terhadap suatu benda

Mempelajari suatu hal baru yang penuh dengan istilah baru terkadang bikin kita mudah lupa. Solusinya, kamu bisa mem-visualisasikan ingatanmu dalam suatu benda yang lebih familiar. Misalnya DNA, kamu bisa membayangkannya seperti tangga yang bergelombang atau rel rollercoster. Dengan begitu kamu bisa mengingat suatu hal jadi lebih gampang.

Main game

Gak salah! Bukannya main game bikin orang malas dan bodoh. Jangan pandang negatif dulu sama main game. Mengingat suatu hal tidak melulu dengan belajar dan baca saja.

Disini, main game bisa membantu dan melatih otak kamu terus berkembang dan tidak lupa. Mengisi teka teki silang atau pun permainan tebak kata, membantu otak kamu terus berpikir dan menajamkan ingatan. Pikiran kalau gak rutin diasah juga jadi tumpul ya.

Gunakan metode Cicero

Apapan ya itu Cicero? Metode ini digunakan untuk mengelompokkan suatu benda dalam satu kategori. Seperti meletakkan bantal di kategori kamar tidur, sabun dikelompok kamar mandi, kuali letaknya didapur dan mantan di tempat-tempat yang membutuhkan. *eh

Ingat seperti ini mungkin sepele, namun sehari aja kita lupa sebuah pakem ini. Maka kerepotanlah yang akan terjadi. Dan metode Cicero bisa diterapkan pada objek lainnya. Seperti mengkategorikan atau membedakan suatu yang baik dan benar, agar kamu tidak salah langkah.

Mengingat berdasakan kata kunci

Metode melatih ingatan seperti ini cukup sering digunakan. Seperti halnya mengingat warna pelangi dan hal lainnya. Di banyak buku pelajaran juga terdapat kata kunci dibawahnya agar membantu pembacanya mengingat.

Tidur siang

Meski sebentar saja, tidur siang mampu membantumu mengingat sesuatu dan menghindarkan dari sifat pelupa. Maka, sebisa mungkin sempatkan untuk tidur siang ya.

Meditasi

Barangkali kamu jadi pelupa karena lagi kurang fokus dan banyak pikiran. Jangan biarkan kondisi ini terus terjadi. Luangkan waktu sebentar untuk merilekskan pikiran, dengan meditasi misalnya. Atau bisa melakukan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Banyakin konsumsi makanan yang mengandung banyak Omega 3

Cara-cara secara fisik sudah kamu lakukan seperti poin-poin diatas. Tapi masih sering lupa. Maka lakukan cara dari dalam. Banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan agar ingatmu kuat dan gak suka lupa lagi.

Segera dipraktikan. Kalau bisa dibiasakan supaya daya ingatnya semakin mantul sampai tua!

Gambar: Pixabay

Sumber: https://www.idntimes.com/life/education/indah-shaliha/7-tips-berguna-ini-untuk-kamu-yang-pelupa-c1c2
 

Tag: Ingatan, Lupa, Pen Earpiece

Rianda Prayoga

Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, tapi lumayan ramah