"PAHIT DAN TIDAK ENAK!" Inilah beberapa manfaat kesehatan dari pahitnya Pare

Donny Saputra | Rabu, 27 Feb 2019 - 11:16 PM

Halo sobat... Perkenalkan namaku Donny Saputra. Ini artikel pertama yang aku buat di bigel.id lohPada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang manfaat dibalik pahitnya Pare untuk kesehatan tubuh kita. 

Pada masa sekarang, kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan macam-macam sayuran. Apalagi dengan ditambah mudahnya akses untuk mendapatkan segala macam jenis sayuran itu sendiri. Khususnya yang akan kita bahas disini adalah sayur Pare atau nama latinnya Momordica Charantia.

Pada sebagian besar orang. Pare terbilang sayuran yang sangat tidak enak dimakan. Karna rasanya yang pahit, dan rasa pahitnya itu pun tidak mudah diminimalisir walaupun sayur tersebut sudah dimasak. Dari rasanya yang tidak enak itulah, banyak kalangan khususnya anak-anak, bahkan remaja, yang tidak suka dengan sayur ini.

Baca juga

Tapi sobat, dari tidak enaknya sayur Pare. Ternyata Pare memiliki banyak manfaatnya loh. Terlebih manfaat untuk tubuh kita. Sayur ini memiliki berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B1 dan B2, vitamin C, kalsium, kaliun, seng, zat besi, dan fosfor. Permasalahannya adalah jarang sekali orang diluar sana yang mengetahui manfaat dari sayur ini. Maka dari itu, mari kita bahas apa saja manfaat dari sayur pahit ini.

1. Menurunkan kadar gula darah

Dalam sayur Pare, terdapat satu zat yang mirip sekali dengan insulin didalam tubuh manusia. Pare ini sangat bagus untuk penderita diabetes karena bisa menggantikan insulin yang ada didalam tubuh walaupun tidak sekuat insulin yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Artinya, bagi penderita diabetes yang rutin mengonsumsi Pare, dapat menurunkan kadar gula darah yang ada didalam tubuh. Oleh karena itu, Pare ini sangat direkomendasikan untuk para penderita diabetes. 

Secara proses pengolahan, dianjurkan untuk tidak memasaknya sampai terlalu matang, tetapi masaklah dengan merebus atau dikukus hingga setengah matang, atau boleh diblender.

2. Melegakan pernafasan

Ternyata Pare juga dapat bermanfaat sebagai pelega pernafasan. terutama untuk penderita asma. Karena sesak nafas yang mengganggu akan menyulitkan aktivitas sehari-hari. Pare dapat melegakan pernafasan dengan sel-sel pengecap yang ada dengan rasa pahitnya. 

3. Baik untuk ibu hamil

Pare yang segar juga mengandung sumber asam folat yang sangat baik. Yaitu sekitar 72 hingga 100 mg per buahnya. Jadi Pare ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu pada masa awal kehamilan untuk mencegah terjadinya kecacatan pada syaraf. Tetapi dianjurkan untuk tidak memakannya secara berlebihan.

4. Melancarkan peredaran darah dan pencernaan

Selain itu, Pare juga mengandung serat dan sumber Vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 84 mg per buahhya. Bila dikonsumsi secara rutin, dapat memperlancar peredaran darah dan juga melancarkan pencernaan dalam tubuh. kandungan seratnya dapat membuat usus dan lambung  untuk mencerna lebih cepat makanan dengan baik.

5. Mencegah sel kanker

Pare juga dapat menghacurkan sel kanker, khususnya pada pankreas. Zat di dalam Pare ini mampu menghancurkan antara 90 hingga 98 persen jaringan sel kanker. Proses pengolahannya dengan cara dibuat menjadi jus. Jus Pare yang dicampur 5 persen air, menurut Shallenberher, sangat efektif menghadapi keganasan sel-sel kanker pankreas.

Berikut beberapa manfaat dari sayur Pare. Semoga bermanfaat dan semoga menambah ilmu pengetahuan.

pictures by: editorial.id , id.theasianparent.com , merdeka.com , idntimes.com

Tag: Kesehatan, Sayur

Donny Saputra

Menjadi penyeduh kata-kata lewat hangatnya ide-ide