Mihawk dan Weevil, Dua dari Shichibukai dengan Kekuatan Dahsyat!

Vio Fors | Selasa, 05 Mar 2019 - 09:48 PM

Era bajak laut telah dimulai 24 tahun silam, usai sang Raja Bajak Laut, Gol D. Roger dieksekusi mati. "Harta karunku? Aku akan memberikannya. Tapi ... carilah! Aku telah mengumpulkan semua yang ada di dunia dan menyembunyikannya di tempat itu." [Chapter 1]. Kata-kata terakhir Roger membakar semangat banyak orang untuk bertualang menjadi bajak laut, mencari harta besar yang tersembunyi.

Meski belum ada penjelasan, namun kemungkinan besar gelar Yonko atau 4 Kaisar muncul setelah era bajak laut dimulai. 4 orang dengan kekuatan dahsyat yang luar biasa, wilayah-wilayah kekuasan, dan pasukan besar yang kuat. Yang bisa mengimbangi 4 Kaisar ini adalah Angkatan Laut yang bekerjasama dengan Shichibukai [Chapter 432].

Shichibukai sendiri merupakan kumpulan bajak laut yang awalnya dan harusnya berjumlah 7 (Shichi) orang, yang bekerja untuk Pemerintah Dunia. Para bajak laut ini bisa disebut bajak laut legal, mereka tidak akan ditangkap selama hanya menyerang bajak laut lain, dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan atau membahayakan pemerintah.

Geeq.id
Baca juga

Shichibukai diisi oleh orang-orang kuat, kecuali Buggy yang berhasil jadi Shichibukai berkat popularitasnya sebagai mantan anak buah Roger, memiliki hubungan dengan Yonko Shanks, dan membawa banyak anak buah cukup tangguh dari Impel Down.

Kekuatan para Shichibukai ini tidak bisa digeneralisasi. Mereka memiliki perbedaan tingkat kekuatan, bahkan ada yang berbeda sangat signifikan satu sama lain. Contohnya saja Jinbe yang merupakan mantan Shichibukai, berhasil mengalahkan Moria yang masih berstatus Shichibukai dengan satu pukulan saja saat perang puncak Marineford [Chapter 559].

Di antara para Shichibukai yang ada, maupun para mantan Shichibukai, ada dua orang dengan kekuatan yang sangat besar, setidaknya menurutku pribadi. Mereka adalah Juraquille Mihawk dan Edward Weevil.

Mihawk dikenal sebagai karakter misterius, penyendiri, dan sangat kuat. Di antara begitu banyak pendekar pedang di dunia, sampai saat ini gelar Pendekar Pedang Terkuat masih dipegang pria berjuluk Taka no Me ini.

"Si Mata Elang adalah pendekar pedang terhebat! Lebih hebat dari siapa pun di seluruh dunia," ucap Zeff [Chapter 50].

Mihawk memang sangat kuat dan hebat, soal keahlian berpedang tak bisa diragukan lagi. Sejauh ini diketahui, hanya Shanks yang merupakan pendekar pedang setara dengan Mihawk. Keduanya merupakan pendekar pedang terhebat saat ini, meski gelar terkuat tetaplah milik Mihawk. Meskipun tidak diperlihatkan, namun kedua orang ini pernah berduel dan hasilnya tidak diketahui.

Rivalitasnya dengan seorang Yonko membuat dirinya menjadi Shichibukai yang sangat populer, bukan hanya di dunia One Piece, tapi juga di kalangan pembaca. Hal-hal berbau Mihawk acap menjadi topik menarik untuk dibahas. Mulai dari pedangnya, Kokuto Yoru, satu dari 12 Saijo O Wazamono atau salah satu dari 12 pedang kelas satu. Sampai keputusannya menjadi guru Zoro selama time skip pun menarik perhatian. Seorang Pendekar Pedang Terkuat, melatih orang yang suatu saat nanti akan menantangnya demi merebut gelar. Mihawk memang sejak bertarung dengan Zoro saat arc Baratie telah menaruh perhatian pada si Pemburu Perompak itu.

Mihawk memang tertarik dengan kekuatan ambisi dan keteguhan Zoro. Bahkan si Mata Elang itu berkata, "Kenali diri sendiri, kenali dunia, jadilah yang terkuat, Roronoa!" [Chapter 52].

Kata-kata yang keluar dari mulutnya kala itu memang menandakan ia ingin suatu saat Zoro bisa melampauinya. Maka tak heran dia mau melatih Zoro saat di pulau Kuraigana.

Mihawk juga merupakan bajak laut tanpa kru. Meski Perona dilempar Kuma ke tempat Mihawk, tak ada konfirmasi bahwa Perona menjadi krunya. Mihawk adalah serigala penyendiri. Tak suka berkelompok dan hanya ingin melakukan hal-hal yang baginya menarik.

Selain Mihawk, adapun Shichibukai dengan kekuatan luar biasa lainnya. Orang tersebut bernama Edward Weevil. Meski belum pernah diperlihatkan bagaiamana caranya bertarung dan apa kekuatannya, namun berdasarkan fakta yang ada, tak berlebihan menyimpulkan orang ini sangat kuat.

Sudah 16 kapten yang dulu beraliansi dengan Shirohige dibantai Weevil beserta para kru kapten-kapten tersebut. Semua berawal dari perkelahian, dan dampaknya adalah lenyapnya kota tempat perkelahian terjadi. Korban jiwa diperkirakan sampai sejauh ini telah sekitar 600 orang. Weevil menghancurkan ke mana pun dia pergi. Benar-benar mengerikan.

Kizaru berkata, "Dia adalah bajak laut yang memiliki kekuatan yang perlu ditakuti. Rasanya seperti melihat versi muda Shirohige lagi. Setidaknya, kalau dilihat dari kekuatannya." [Chapter 802].

Shirohige pada usianya yang tua saja sangat kuat dan menakutkan. Apalagi saat Shirohige muda, dan Kizaru menyamakannya dengan Weevil. Memang, bisa saja anggap ini sebagai hiperbola. Namun, meski demikian, dari perkataan si Monyet Kuning itu menegaskan bahwa Edward Weevil sangat kuat.

Pria gempal dengan bounty beku 480.000.000 Berry ini juga mengakui dirinya sendiri sebagai anak kandung Shirohige. Hal tersebut karena perkataan ibunya, Miss Bakkin. Entah benar atau tidak, hingga kini belum ada jawabannya.

Ada orang-orang yang salah paham dengan pernyataan Oda dalam SBS 83:

D: Oda-sensei. Tidak peduli seberapa sering kau berkata dia adalah putra Shirohige. Weevil bukan putranya!! Dia sama sekali tidak mirip dengan Shirohige! (P.N. Penggemar Berat Shirohige)

O: Hey, seperti yang diduga. Seseorang yang tidak percaya bahwa dia adalah anak biologis dari Shirohige dan telah jadi salah satu Shichibukai. Pendapatmu sesuai dengan ekspektasiku. Fufufufufufufufufufu.

Ada yang menganggap, ini merupakan suatu konfirmasi bahwa Weevil merupakan anak biologis Shirohige. Padahal, tidak demikian. Ini hanya respons dari Oda kepada orang yang tidak percaya bahwa Weevil adalah anak biologis Shirohige. Oda rupanya memang telah berekspektasi bahwa orang-orang tidak akan percaya seandainya Weevil adalah anak Shirohige. Dan hal tersebut tak mengonfirmasi apa pun. Tidak mengonfirmasi bahwa dia anak kandung Shirohige, juga tidak menjelaskan bahwa dia bukan anak kandung Shirohige.

Memang, ibu Weevil pernah sekapal dengan Shirohige dulu. Namun, bukan berarti mereka memiliki hubungan spesial sampai memiliki anak. Itu masih misteri hingga kini.

Weevil selain kuat, juga memiliki nyali yang besar. Terbukti dari keinginannya mengincar bajak laut Kurohige, yang telah membunuh Shirohige. Weevil ingin membalas dendam. Akan tetapi, ibunya tak setuju. Miss Bakkin lebih memilih memerintah Weevil untuk menghabisi sisa-sisa bajak laut Shirohige dengan harapan ada harta peninggalan Shirohige yang bisa ia rebut.

Setelah menghabisi bajak laut A.O, Weevil juga sempat bertanya pada ibunya, apakah sebaiknya mereka pergi menemui Luffy untuk mengorek informasi soal Marco, karena Marco diincar oleh mereka berdua. Tidak diperlihatkan apa jawaban sang ibu. Jika saja Miss Bakkin menjawab iya, maka kemungkinan Weevil akan muncul di Wano Kuni.

Baik Mihawk maupun Weevil, sama-sama bagian dari Shichibukai dan juga memiliki kekuatan luar biasa. Jika saja mereka dengan sepenuh hati bekerja untuk pemerintah, maka dua orang ini bisa menjadi sosok menakutkan untuk banyak musuh-musuh pemerintah. Namun sayang, Shichibukai terkenal dengan kekerasan kepalanya masing-masing, yang lebih suka melakukan hal-hal yang mereka ingini daripada mendengarkan perintah. Kecuali perintah itu memang sesuai kemauan mereka. Hanya Kuma saja yang diketahui sejauh ini benar-benar loyal. Meski begitu, itu pun masih mengundang misteri. Apakah Kuma memang loyal setulus hati, atau ada tujuan tersembunyi? Siapa yang tahu.

Fakta menarik dari Mihawk dan Weevil, mereka adalah dua orang yang kekuatannya disejajarkan dengan Yonko. Mihawk adalah rival Shanks, memiliki kemampuan berpedang yang setara dengan si Rambut Merah. Sedangkan Weevil, hanya kata Kizaru saja, melihat dirinya sama dengan melihat Shirohige muda jika dilihat dari segi kekuatan.

Kedua karakter ini sangan layak dinantikan aksi dan kemunculan mereka kembali dalam cerita.

Tag: One Piece, Mihawk, Weevil, Shichibukai, Manga, Anime

Vio Fors

Nulis apa aja