Perjalanan Eustass "Kapten" Kid

Vio Fors | Senin, 08 Apr 2019 - 06:09 PM

Bajak laut dengan rambut warna merah bernama Eustass Kid dalam manga One Piece buatan Eiichiro Oda ini cukup mencolok di antara para Generasi Terburuk. Bounty yang tinggi di awal kemunculan, penampilannya yang sangar, serta kekuatan yang cukup hebat membuat namanya dikenal luas. Eustass 'Kapten' Kid, satu dari Generasi Terburuk ini juga memiliki cerita perjalanan yang menarik.

Kid berasal dari South Blue, ia memimpin bajak laut yang bernama sama dengan namanya, bajak laut Kid. Kemunculan perdananya dalam manga adalah saat ia bertarung dengan Scracthmen Apoo di pulau Sabaody dalam chapter 498. Tidak diketahui mengapa kedua orang yang kala itu sama-sama disebut Supernova ini bertarung. Mungkin saja, mereka bertarung karena awalnya adu mulut atas suatu hal saat berjumpa. Hasil dari pertarungan mereka pun tidak diketahui. Diduga, pertarungan mereka terhenti karena X-Drake. Pada chapter yang sama, X-Drake menghentikan pertarungan anak buah Kid, Killer, melawan Urouge si Rahib Gila. Tak jelas waktu pastinya saat X-Drake menghentikan pertarungan Killer melawan Urouge. Jika waktunya ada selisih yang cukup, bisa saja dugaan X-Drake sebelum itu menghentikan pertarungan Kid dan Apoo adalah benar. Si bajak laut berjuluk Bendera Merah tersebut memang tak suka sesama bajak laut bertarung di Sabaody, karena baginya ada tempat yang tepat untuk melakukan itu, tempatnya adalah Dunia Baru.

Cerita Kid di pulau Sabaody tak hanya sampai di mana ia bertarung melawan Apoo. Kid kembali terlibat masalah di sana. Pada waktu ia dan krunya menghadiri tempat pelelangan manusia dan berbagai jenis ras lainnya, Luffy memukul Naga Langit dan mengundang kehadiran Angkatan Laut. Kid dan krunya juga ikut terseret dalam masalah, saat tempat tersebut dikepung Angkatan Laut. Kid, Luffy, dan Law, maju melawan para Angkatan Laut di sana dalam chapter 504. Di chapter tersebut dan chapter 505, kekuatan Kid diperlihatkan. Ia mampu memanipulasi tubuhnya menjadi magnet, sehingga banyak benda yang terbuat dari logam ditarik, didorong, atau digerakan olehnya. Kemampuan Kid ini ia dapat dari Buah Iblis yang belum dikonfirmasi namanya. Yang jelas tipenya Paramecia dengan kekuatan magnet.

Baca juga

Kolaborasi Kid-Luffy-Law dengan cepat menghancurkan Angkatan Laut di sana. Setelah itu, Kid bicara tentang kisah saat ia memulai perjalanan. Banyak yang menertawakan, namun mereka semua dibunuh oleh bajak laut yang dijuluki Kapten itu. Kid juga berujar soal Dunia Baru, tempat di ujung samudra di mana hanya yang berani yang dapat bertahan hidup di tempat tersebut.

Setelah Kid pergi, tak disangka muncul Pacifista yang Kid sangka adalah Bartolomew Kuma sang Shichibukai di tengah perjalanan. Kid diserang mendadak, namun langsung bereaksi dan siap membalas. Dalam chapter 506, Law dan krunya melewati jalan yang sama kemudian berjumpa Kid dan kawan-kawan sedang menghadapi Pacifista, yang Law kira juga adalah Kuma. Karena si Pacifista menyerang Law, maka bajak laut Hati bekerjasama dengan bajak laut Kid melawan Pacifista. Tak ditunjukkan bagaimana jalannya pertarungan dan seperti apa hasil akhirnya. Namun, mengingat Kid dan Law berhasil keluar pulau Sabaody dengan selamat, maka dapat disimpulkan mereka berhasil mengalahkan Pacifista itu. Di Sabaody, Kid termasuk beruntung. Pasalnya, ia tak berjumpa dengan Admiral Kizaru. Para Eleven Supernova yang berjumpa Kizaru di Sabaody dihajar habis-habisan oleh Admiral yang bernama asli Borsalino itu.

Setelah insiden di pulau Sabaody, Kid kembali diperlihatkan saat sedang menyaksikan perang puncak Marineford. Usai perang puncak Marineford, tepatnya dalam chapter 581, pria ini juga mengucapkan hal yang menarik kala ia menanggapi kalimat salah seorang anak buahnya yang berkata "Dengan begini (matinya Shirohige dan perang berakhir) berakhirlah sudah." Kid bilang, "Apanya yang sudah berakhir? Berarti, Kurohige yang memiliki kekuatan sejak lahir sepertinya cukup berani juga. Laut Dunia Baru dikuasai oleh para Yonko. Si Rambut Merah, Kaido, dan Big Mom. Kini keseimbangan itu telah hancur, dan tak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi. Waktu zaman baru yang belum pernah dilihat siapa pun telah dimulai!"

Kid paham betul, kekacauan akan terjadi dan dimulailah waktu zaman baru. Shirohige, salah seorang Yonko, telah mati. Berakhirnya hidup Shirohige, sama dengan dimulainya zaman baru. Kurohige telah Kid lihat memiliki keberanian, dan dia juga terlibat banyak dalam kekacauan yang terjadi usai matinya Shirohige. Sesuai namanya, Yonko yang berarti 4 Kaisar, haruslah berjumlah 4. Saat berkurang satu, maka kekacauan tak terhindarkan, pulau-pulau kekuasaan Shirohige menjadi tempat pertempuran. Pada zaman baru, Kid juga merupakan salah satu tokoh yang berperan. Ia bersama para Supernova lainnya, ditambah Kurohige, disebut sebagai Generasi Terburuk.

Kid merupakan bajak laut kejam dengan nyali yang besar. Memang, kekejamannya sudah diketahui saat dia bilang dia membunuh orang-orang yang menertawakannya dulu. Bukti kekejamannya juga diperlihatkan dalam chapter 594, kala Kid membantai para bajak laut lemah yang telah memohon pengampunan. Dalam chapter tersebut juga, Kid membaca koran yang memberitakan tentang Luffy yang membunyikan Ox Bell. Kid curiga maksud Luffy membunyikan bel tersebut menandakan Luffy ingin berkata, "Aku yang akan meciptakan zaman yang baru."

Dalam chapter 651, Baron Tamago, Knight dalam bajak laut Big Mom mengatakan bahwa Kid menghancurkan 2 kapal milik bajak laut Big Mom. Hal tersebut menandakan bahwa Kid mengincar Yonko Big Mom. Merusak kapalnya jelas akan membuat Big Mom marah dan mengirim pasukan mencari Kid. Mungkin saja pencarian Kid gagal, atau pasukan yang dikirim dikalahkan. Karena, Kid muncul di wilayah Big Mom, menurut perkataan Brulee dalam chapter 837. Tanpa sempat melihat batang hidung Big Mom, Kid telah dikalahkan anak buah si Mama Besar itu. Entah siapa yang mengalahkannya, tapi kemungkinan besar Snack yang masih berstatus Komandan Manisan. Dan Kid ke wilayah Big Mom juga sebenarnya karena ada tujuan 'tertentu' yang tak jelas apa.

Diketahui, Kid kemudian bertemu dan membicarakan perihal membentuk aliansi bersama Apoo dan Hawkins, dua orang kapten bajak laut yang juga merupakan bagian dari Generasi Terburuk. Dalam chapter 699, aliansi mereka dikonfirmasi telah resmi terbentuk. Tujuan aliansi Kid-Apoo-Hawkins adalah menjatuhkan Yonko Shanks si Rambut Merah. Yonko yang entah dia sendiri atau anak buahnya, telah memotong satu lengan Kid. Belum sempat terlaksana rencana mereka, Yonko lainnya bernama Kaido, jatuh tepat di markas mereka usai Yonko besar yang juga disebut Makhluk Terkuat itu mencoba bunuh diri dari salah satu Pulau Langit dalam chapter 795.

Setelah jatuhnya Kaido di sana, Kid tampaknya bertarung dengan Makhluk Terkuat itu. Dalam chapter 824, ia terlihat terluka parah dan dikurung di penjara oleh Kaido. Pilihan berbeda diambil rekan aliansinya, Apoo dan Hawkins. Kedua orang ini memilih tunduk pada Kaido, kemungkinan karena takut melawan. Nyali Kid terbilang besar, ia tak pragmatis dengan memilih tunduk, melainkan berani melawan.

100 chapter kemudian dari chapter 824, Kid kembali terlihat. Masih di tempat yang sama, di dalam penjara. Luffy juga masuk di sana, usai Luffy kalah melawan Kaido. Penjara yang bertempat di Udon itu menjadi tempat bertemunya Luffy dan Kid setelah tak bertemu selama 2 tahun. Memang, pada awalnya mereka bersaing mengangkat batu saat dipaksa bekerja di sana, namun bukan berarti mereka akan benar-benar jadi musuh dalam arc Wano Kuni. Keduanya dihajar Kaido, keduanya memiliki dendam pada Yonko itu. Adalah wajar nemprediksi bahwa Kid akan beraliansi dengan Luffy, dengan demikian maka akan menimbulkan simbiosis mutualisme. Kaido terlalu kuat, harus bekerjasama dengan orang lain untuk bisa mengalahkannya. Dan pasti, Kid juga Luffy paham itu.

Dari chapter 934, diketahui telah melarikan diri dari penjara. Langkah selanjutnya yang akan ia ambil, sampai ia beraliansi dengan Luffy nanti--jika sesuai prediksi--, sangat layak untuk dinanti.

Luffy sebelumnya telah beraliansi dengan Law dengan tujuan menumbangkan Kaido. Namun, tak akan ada masalah jika Kid bergabung dalam aliansi, malahan lebih bagus dengan menambah sekutu. Kaido merupakan makhluk paling kuat di dunia dalam cerita One Piece. Kekuatan Luffy masih jauh di bawahnya. Akan tetapi, jika Kid dan Law, bersama Luffy mengeroyok Kaido, dan ditambah orang-orang lain yang berpotensi membantu, maka kemungkinan menang itu ada. Kaido harus bersiap!
 

Tag: One Piece, Kid

Vio Fors

Nulis apa aja