Ini 7 Fakta Shanks si Rambut Merah!

Vio Fors | Kamis, 11 Apr 2019 - 03:01 PM

Shanks si Rambut Merah merupakan karakter yang memiliki banyak penggemar dari kalangan pembaca manga One Piece, juga dari para penonton anime One Piece. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai fandom One Piece, tak hanya Indonesia, tapi juga dari berbagai negara lainnya.

Meskipun sangat populer dan selalu dinanti kehadirannya, Shanks sebenarnya masih cukup misterius dibanding para Yonko lain. Mulai dari dirinya sampai dengan para anak buahnya masih relatif sedikit informasi yang diketahui tentang mereka. Namun, sampai sejauh ini, sudah ada beberapa fakta yang terungkap tentang Shanks dan penulis akan membahas 7 fakta saja dari sekian fakta yang ada tentang karakter yang satu ini.

Apa saja? Yuk, simak 7 fakta tentang Shanks si Rambut Merah.

Baca juga

1. Berkorban Satu Lengan untuk Luffy

Anime One Piece

Seperti yang diketahui bahwa Shanks tinggal memiliki satu lengan saja. Hal tersebut karena ia mengorbankan lengan kirinya saat menolong Luffy dari serangan monster laut.

Bagi Shanks, Luffy yang walaupun masih kecil kala itu adalah sahabatnya. Pria dengan julukan Rambut Merah itu tidak akan membiarkan sahabatnya mati saat ia bisa menolongnya.

Meskipun harus kehilangan lengan kiri, Shanks sama sekali tidak merasa rugi. Asal Luffy bisa selamat. Nyawa Luffy memang berharga, sebab bukan hanya karena sekadar bersahabat dengan Shanks, Luffy pun dipercaya oleh Shanks akan berpengaruh dalam menyongsong era baru. Ia juga menitipkan topi peninggalan Roger pada Luffy.

2. Rival dan Teman Mihawk

Anime One Piece

Mihawk adalah seorang pendekar pedang yang diakui dunia sebagai yang terkuat. Keahliannya dalam berpedang dan kekuatannya tak bisa diragukan lagi. Ternyata, Mihawk merupakan rival Shanks pada masa lalu. Keduanya pernah bertarung hanya saja hasil pertarungan mereka belum dikonfirmasi.

Meski pernah jadi rival, mereka kemudian lebih menjalin hubungan pertemanan. Sebab, duel sudah tidak lagi dilakukan karena Mihawk kehilangan minat bertarung melawan Shanks yang tinggal punya satu lengan.

Sebagai teman, mereka pernah berpesta bersama di markas Shanks. Mihawk juga mau repot-repot datang ke tempat Shanks hanya demi menunjukkan poster buronan Luffy.

3. Memiliki Pedang Bernama Gryphon

Onepiece.fandom

Gryphon atau Griffin merupakan nama dari pedang yang dimiliki oleh Shanks si Rambut Merah. Berdasarkan jenisnya, pedang Shanks berjenis Saber.

Pedang Saber merupakan pedang bertipe satu sisi bagian tajam dengan pelindung yang relatif besar. Pedang jenis ini juga memiliki ukuran yang cukup panjang dan tipis dibanding banyak pedang lainnya. Selain Shanks, Vizta juga memakai pedang berjenis Saber.

Meski nama dan jenis pedangnya sudah diketahui, tapi apakah pedang Shanks masuk dalam kelas pedang tertentu belum ada konfirmasi. Namun, ada kemungkinan memang pedang itu bukan pedang sembarangan dan masuk dalam termasuk pedang berkelas.

4. Pernah Dilukai oleh Teach

Duniagames

Entah kapan waktu tepatnya, Shanks ternyata pernah dilukai oleh Marshall D. Teach atau yang sekarang ini dikenal sebagai Kurohige. Telah banyak pertarungan yang Shanks lewati, dan tentu sudah banyak luka yang ia terima. Akan tetapi, luka dari Teach menurut pengakuan Shanks pada Shirohige adalah yang paling menyakitkan.

Luka itu di bagian mata kiri Shanks. Bekas luka tersebut tidak hilang, menjadi permanen di mata salah satu dari Yonko itu. Luka garis tiga seperti cakaran.

Diketahui dari salah satu kilas balik, Teach dahulu memang memakai senjata menyerupai cakar dengan besi yang tajam. Kemungkinan besar mata Shanks dilukai dengan senjata tersebut.

5. Menguasai 3 Haki

Anime One Piece

Haki merupakan suatu kemampuan yang ada dalam diri tiap orang dalam One Piece. Hanya saja, meski kemampuan itu tersimpan dalam diri tiap insan, butuh latihan untuk bisa menguasainya. Haki itu ada dua yang ada pada tiap orang, Busoshoku Haki dan Kenbunshoku Haki. Jika latihan, ada yang bisa Busoshoku Haki, ada yang bisa Kenbunshoku Haki, dan adapun yang bisa keduanya.

Selain Busoshoku Haki dan Kenbunshoku Haki, ada juga satu Haki lagi yang hanya dimiliki sedikit orang, yaitu Haoshoku no Haki.

Shanks si Rambut Merah menguasai ketiga jenis Haki. Bahkan, diketahui untuk Haoshoku no Haki ia berada dalam tingkatan tinggi karena tak sekadar berdampak pada orang lain, juga berefek pada benda mati.

6. Memiliki Wakil Kapten yang Cerdas

Anime One Piece

Shanks diketahui memiliki wakil yang cerdas dalam bajak lautnya. Benn Beckman, wakil kapten bajak laut Rambut Merah, dikonfirmasi dalam SBS memiliki IQ tertinggi dari antara semua karakter di East Blue Saga.

Berkat kepintarannya, Benn Beckman sering membantu Shanks dalam banyak situasi. Sikap tenangnya juga sering Benn perlihatkan meski dalam keadaan yang membuat Shanks panik.

Selain cerdas, sudah tentu Benn juga petarung hebat. Memang belum pernah diperlihatkan bagaimana kekuatannya yang sebenarnya, tapi bisa mendapat posisi wakil kapten bajak laut yang dipimpin salah satu dari Yonko, jelas Benn merupakan petarung hebat.

7. Pernah Menghentikan Perang Puncak Marineford

Quora

Perang sangat besar pernah terjadi dalam cerita One Piece. Kala itu di markas besar Angkatan Laut, Marinedord. Perang itu antara Marinir melawan Shirohige dan orang-orang yang ingin menyelmatkan Ace.

Perang berlangsung panas dan berjalan dengan cepat. Kekuatan-kekuatan dahsyat diperlihatkan di sana. Perang tersebut menewaskan dua tokoh hebat, yakni Portgas D. Ace dan Edward Newgate alias Shirohige.

Pada saat perang masih berlangsung, Shanks datang dengan para anak buahnya di sana. Dengan berani, ia meminta agar perang berhenti. Jika masih ada yang ingin perang, Shanks menantang mereka maju dan melawannya. Tak ada yang maju. Perang pun terhenti.

Itulah 7 fakta tentang Shanks si Rambut Merah!

 

Tag: One Piece, Shanks

Vio Fors

Nulis apa aja