5 Hantu Menyeramkan paling Terkenal di Indonesia

Vio Fors | Kamis, 11 Apr 2019 - 09:13 PM

Indonesia punya banyak cerita tentang hantu. Entah cerita yang hanya sekadar dari mulut ke mulut dan berkembang di masyarakat, maupun ada berasal dari berbagai tulisan-tulisan yang ada.

Soal hantu memang menghadirkan rasa percaya dan juga tidak percaya di kalangan masyarakat. Ada yang percaya akan keberadaan sosok hantu, bahkan tak sedikit yang mengaku pernah berjumpa langsung. Namun, banyak juga yang tidak percaya akan hantu dengan berbagai alasan.

Di luar benar atau tidak, percaya atau tidak percaya, cerita hantu tetap sangat menarik untuk dibahas. Dalam artikel ini, penulis akan membahas tentang 5 hantu menyeramkan yang sangat populer di Indonesia.

Baca juga

Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Kuntilanak

Koreaboo

Hantu wanita yang terkenal dengan pakaian putih serta tawa khasnya ini memang layak menempati peringkat nomor satu. Di berbagai tempat di Indonesia tahu tentang cerita hantu dengan rambut panjang ini.

Konon katanya, Kuntilanak merupakan arwah penasaran dari wanita yang mati dalam keadaan hamil, atau mati saat dalam proses melahirkan sebelum anaknya lahir. Cerita lain akan asal mula hantu ini tercipta juga ada yang menjelaskan bahwa jika wanita yang punya anak bayi mati dibunuh atau bunuh diri, maka kemungkinan ia akan menjadi hantu Kuntilanak.

Orang-orang tertentu percaya bahwa Kuntilanak gemar mengganggu manusia, terlebih mengganggu para ibu yang memiliki anak bayi. Yang unik dan juga menakutkan, menurut beberapa cerita yang beredar di masyarakat, tawa dari Kuntilanak bisa memberitahu kita ia sedang berada di dekat atau jauh. Jika tawanya terdengar dekat, maka Kuntilanak sebenarnya ada jauh dari kita. Namun, kebalikannya, jika tawa khasnya terdengar jauh, sebenarnya Kuntilanak sedang di dekat kita.

2. Suster Ngesot

Iqmaltahir.wordpress

Hantu ini mulai populer di Indonesia semenjak ada film yang mengangkat cerita tentang Suster Ngesot. Padahal, sebelum film itu dibuat, cerita akan hantu ini memang sudah ada.

Asal usul hantu ini atau cerita hantu ini memang tidak jelas. Hanya dari mulut ke mulut yang tentu banyak diragukan kebenarannya, mulai menyebar dan bahkan sosok Suster Ngesot pernah dilihat oleh beberapa orang.

Menurut cerita yang ada, Suster Ngesot merupakan arwah seorang suster yang mati dengan cara sadis karena dibunuh oleh dokter di rumah sakit. Kakinya kemudian dimutilasi sang dokter sebelum mengubur mayatnya. Versi lain akan cerita hantu ini, Suster Ngesot adalah arwah dari seorang suster cantik yang punya ilmu gaib. Dengan ilmunya ia membunuh para penghuni suatu panti jompo. Karena perbuatannya diketahui, warga marah dan meremukkan kakinya sebelum ia dibunuh.

3. Pocong

Tribunnews

Hantu Pocong, sangat terkenal di Indonesia ini. Di beberapa tempat, Pocong juga dikenal sebagai hantu bungkus.

Ada macam-macam penggambaran tentang hantu yang sangat terkenal ini. Konon ia memiliki wajah yang berwarna hijau dengan mata merah menyala. Adapun versi lain, Pocong merupakan hantu yang memiliki wajah rata. Dalam versi yang lain lagi, Pocong memiliki wajah yang putih pucat dengan kapas menutupi lubang hidung.

Karena kepopulerannya, kisah tentang hantu Pocong banyak diangkat menjadi film. Tak sedikit juga yang laris di pasaran.

4. Sundel Bolong

Devianart

Tak hanya Kuntilanak saja hantu yang terkenal dari Indonesia. Ada juga Sundel Bolong, hantu wanita yang terkenal karena punggungnya berlubang.

Menurut mitos yang ada, Sundel Bolong berasal dari arwah wanita yang mati karena diperkosa dan melahirkan dalam kubur. Menurut cerita yang ada, hantu ini suka menculik anak-anak bayi. Ia juga gemar mengganggu pria-pria dengan menyamar menjadi wanita cantik.

Konon katanya, Sundel Bolong sangat malu dengan lubang di bagian punggungnya. Saat ada yang melihat lubang tersebut, ia akan marah dan menakuti mereka.

5. Kuyang

Paragram

Yang satu ini banyak yang mengatakan bahwa ia bukan hantu, melainkan manusia yang memiliki ilmu hitam.

Pada siang hari, Kuyang akan berbaur dengan manusia. Sulit juga mengetahui bahwa ia adalah Kuyang, karena wujudnya sama dengan manusia pada umumnya.

Hanya saat malam barulah Kuyang biasa beraksi. Ia akan berwujud kepala dengan isi tubuh yang terbang dengan tujuan tertentu. Sudah cukup banyak pengakuan orang-orang yang katanya pernah melihat Kuyang.

Itulah cerita 5 hantu yang menyeramkan dan juga terkenal di Indonesia. Boleh percaya, boleh tidak.


 

Tag: Hantu, Kuntilanak, Suster Ngesot, Sundel Bolong, Pocong, Kuyang

Vio Fors

Nulis apa aja