Kota Ebisu, Kota yang Ceria dalam One Piece

Vio Fors | Jumat, 12 Apr 2019 - 12:09 AM

Arc Wano Kuni merupakan arc yang sedang berjalan dalam manga One Piece saat ini. Sedangkan untuk anime, arc WCI baru saja berakhir yang artinya anime baru akan memasuki fokus cerita tentang Lev Ely (sebelumnya disebut Reverie).

Dalam manga, arc Wano Kuni memperlihatkan beberapa kota yang berada dalam negeri Wano. Salah satunya adalah kota Ebisu. Kota Ebisu ini sangat menarik, sebab meskipun merupakan kota yang miskin, tapi para warga hidup dengan bahagia dan penuh tawa.

Aminoapss

Kebanyakan orang tentu sedih dan murung saat kekurangan gizi. Namun, tidak untuk salah satu orang tua di Ebisu. Ia tetap tertawa bahagia. Anak kecil yang kelaparan pada umumnya akan menangis. Akan tetapi, anak kecil di Ebisu masih riang gembira meski perut sakit menahan lapar.

Baca juga

Salah seorang warga Ebisu, Tonoyasu namanya, berujar pada Roronoa Zoro bahwa kemiskinan tidak akan bisa mengalahkan mereka. Menangis juga tidak akan membuat mereka kaya, jadi tidak perlu menangis. Manusia punya kemampuan untuk tertawa, jadi bagi Tonoyasu dan para warga Ebisu, sayang sekali jika kemampuan itu tidak digunakan.

Nama kota ini sebenarnya diambil dari nama salah satu dewa dalam kepercayaan di Jepang, Dewa Ebisu. Menurut cerita dari kepercayaan yang ada, Ebisu merupakan salah satu dari Tujuh Dewa Keberuntungan. Wujud Ebisu digambarkan sebagai sosok yang wajahnya selalu terlihat tertawa, seperti pada gambar utama artikel ini. Kemungkinan besar, karena alasan itulah Eiichiro Oda selaku pembuat manga One Piece mengambil nama Ebisu untuk dijadikan nama suatu kota yang para warganya sering sekali tertawa bahagia.

Sebagai salah satu kota miskin di mana para rakyatnya hidup dalam kekurangan, kota Ebisu ini menjadi salah satu tempat di mana Laki-Laki Tengah Malam, pencuri misterius yang gemar mencuri dari orang kaya yang jahat kemudian dibagikan ke orang miskin hasil curiannya, memberikan bantuan.

Orang-orang Ebisu sangat bersyukur akan hadirnya sosok misterius yang suka memberi mereka bantuan materi. Meski demikian, tetap itu tak membuat warga Ebisu kaya. Mereka tetap hidup miskin. Akan tetapi, kemiskinan tak membuat mereka sedih. Tawan, senyum, dan kegembiraan selalu ada dalam diri mereka.

Benar-benar kota yang unik dalam cerita One Piece.

Tag: One Piece, Ebisu

Vio Fors

Nulis apa aja