Gaya Mati Shirohige yang Tetap Berdiri Kemungkinan Terinspirasi dari Kisah Ini

Vio Fors | Jumat, 12 Apr 2019 - 05:25 AM

Salah satu kematian paling menyedihkan, sekaligus paling tak terlupakan dalam manga dan anime One Piece adalah matinya Shirohige pada perang besar yang dikenal sebagai Perang Puncak Marineford.

Pria dengan nama asli Edward Newgate itu mati sambil tetap berdiri tegak. Posisi mati Shirohige yang tetap tegak berdiri ini memang luar biasa. Meski banyak sekali luka yang ia dapatkan dari perang itu, tubuhnya sama sekali tidak mau kalah. Raga salah satu dari Yonko itu menolak menyerah. Tubuh tuanya yang masih kekar berotot tetap berdiri bahkan sampai nyawa telah tiada.

Jauh sebelum Oda membuat cerita tentang matinya Shirohige yang masih tetap berdiri, ada cerita legenda yang hingga saat ini sulit dibedakan antara fiksi atau nyata, tentang kematian Musashibo Benkei.

Badassoftheweek
Baca juga

Benkei merupakan salah seorang pengikut Minamoto no Yoshitsune. Benkei adalah seorang pendekar biksu yang setia ikut Yoshitsune usai duel mereka di jembatan Gojo. Dalam duel tersebut, Benkei kalah dan ia menjadikan Yoshitsune sebagai tuannya.

Di Kyoto, Benkei sebenarnya punya rencana untuk mengumpulkan 1000 pedang. Caranya mengumpulkan pedang-pedang itu adalah dengan menantang bertarung para Samurai yang kebetulan lewat jembatan Gojo. Saat ia sudah berhasil mengumpulkan 999 pedang, tinggal satu lagi yang ia butuh untuk menyukseskan rencananya. Namun, lawan yang ia temui untuk mencari pedang ke-1000 adalah Yoshitsune. Karena itulah mereka duel dan seperti yang sudah ditulis tadi, Benkei kalah dan menjadi pengikut setia Yoshitsune.

Pada waktu Yoshitsune bermasalah dengan Yoritomo dan melarikan diri ke provinsi Oshu guna meminta perlindungan pada Fujiwara no Hidehira, Benkei juga ikut menemani tuannya itu. Tanpa disangka, pasukan Yasuhira menyerang Yoshitsune. Sebagai bawahan setia, Benkei membela Yoshitsune sekuat tenaga. Namun, karena perbedaan jumlah yang sangat signifikan, Benkei harus kalah dan mati dihujani panah.

Menurut cerita yang ada, Benkei mati sambil tetap berdiri. Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai Benkei no Tachi Ojo, atau "Benkei Tewas Berdiri". Kemungkinan besar, Eiichiro Oda terinspirasi dari cerita tentang Benkei ini saat membuat tokoh fiksi ciptaannya, Shirohige, mati sambil tetap berdiri.

 

Tag: One Piece, Shirohige, Benkei

Vio Fors

Nulis apa aja