4 Tsunami besar yang pernah terjadi di indonesia

Bigel Official | Rabu, 02 Jan 2019 - 02:36 PM

Halo sobat bigel, mungkin kalian pernah mendengar kata Tsunami nah Tsunami berasal dari bahasa Jepang: tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harfiah berarti "ombak besar di pelabuhan").adalah perpindahan badan air yang disebakan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau hantaman meteor di laut.   


Gempa yang menyebabkan tsunami  


Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (0 – 30 km) Gempa bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6,5 Skala Richter Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun  

Dampak besar bencana Tsunami dapat menyebabkan sebagian orang kehilangan keluarga,beberapa infrastruktur rusak seperti rumah warga, tempat ibadah, jalan raya, sekolah, dan fasilitas umum lainnya, trauma pada orang yang mengalami tsunami, turunnya perekonomian bagi warga sekitar bencana.Berikut adalah beberapa kejadian Tsunami  terbesar yang pernah melanda indonesia  


Tsunami Aceh 2004  


Pada tanggal 26 Desember 2004 Pukul 7.59 waktu setempat, gempa berkekuatan 9,2 skala Richter mengguncang dasar laut di barat daya Sumatra, sekitar 20 sampai 25 kilometer lepas pantai. Setelah adanya gempa yang maha dahsyat dan meluluh lantahkan bangunan gelombang besar tsunami turut menambah bencana di Aceh.Gelombang tsunami atau gelombang air bah ini diperkirakan mencapai tinggi puncak 30 meter atau 98 kaki . sebanyak 230.000 Orang Lebih Tewas akibat tsunami tersebut.  


Tsunami Pangandaran 2006 

Baca juga


Gempa berkekuatan 7,7 skala richter yang berpusat di 200 km selatan Pantai Pangandaran mengguncan pada tanggal 17 Juli 2006 pukul 15.19 WIB.Gempa ini memicu gelombang tsunami dengan ketinggian bervariasi antara dua meter di Cilacap, hingga enam meter di Cimerak. Akibatnya 668 orang meninggal dunia, 65 hilang dan 9.299 lainnya luka-luka.   

 

Tsunami Mentawai 2010 


Pada tahun 2010 , Mentawai diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7,7 skala Richter.Gempa terjadi pada pukul 21.42 WIB,  sekitar 240 km sebelah barat Bengkulu, dekat dengan kepulauan Mentawai.Usai gempa, BMKG mengeluarkan peringatan Tsunami. Namun, setelah beberapa lama, peringatan tersebut dicabut. Usai peringatan dicabut, tsunami setinggi 3-10 meter justru menghantam kepulauan ini. Sedikitnya 77 desa hancur.Dilaporkan 286 orang tewas dan 252 orang lainnya dilaporkan hilang, hal ini disebabkan terpencilnya lokasi kejadian hingga membuat laporan korban mengalami keterlambatan.   


 Tsunami Selat Sunda 2018 


pada tanggal 22 Desember 2018 , Indonesia kembali diguncang tsunami  di daerah selat sunda yaitu kawasan pesisir Banten dan Lampung menyebabkan 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang, dan 11.687 orang mengungsi. berada di 5 kabupaten, yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan  Pesawaran.Gelombang tinggi ini dipicu oleh longsoran Gunung Anak Krakatau dan gelombang laut tinggi di wilayah tersebut.  

Sumber gambar : http://sejarahri.com/4-sejarah-tsunami-yang-terjadi-di-indonesia/

Tag: Tsunami, Aceh, Gempa, Bencana Alam